Cara Mendapatkan Pencernaan Sehat Dan Baik Apa Ciri-cirinya?

Cara Mendapatkan Pencernaan Sehat Dan Baik Apa Ciri-cirinya?

Baik makanan maupun minuman yang dikonsumsi setiap harinya akan dicerna dan diserap nutrisinya, maka penting untuk memiliki pencernaan sehat. Supaya semua nutrisi dari makanan yang disantap bisa terserap dengan sempurna dan bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ciri-Ciri Pencernaan Sehat


Tidak berlebihan rasanya jika menaruh perhatian lebih pada saluran pencernaan, sebab jika kondisinya sehat maka tubuh tidak akan mudah sakit. Secara umum berbagai masalah kesehatan memang bersumber dari pencernaan. Ketika seseorang acuh tak acuh terhadap apa yang disantap, tidak mempedulikan sinyal tubuh yang kelelahan, dan sebagainya.

Maka pencernaan akan terganggu, dan saat tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan segera efeknya pun meluas. Pencernaan yang terganggu bisa mempengaruhi jantung, ginjal, liver, dan lain sebagainya. Sehingga memperhatikan kesehatan saluran cerna sangat krusial bagi siapa saja yang memang ingin hidup sehat sampai usia senja.

 

Jika mendapati masalah di saluran pencernaan maka penting untuk segera melakukan tindakan. Agar tindakan yang diberikan tidak terlambat, maka kenali betul ciri-ciri pencernaan sehat seperti apa. Detailnya adalah sebagai berikut:

  • Buang air besar cenderung teratur, yakni bisa setiap hari sekali maupun dua hari sekali.
  • Feses berwarna kecoklatan dan teksturnya pun tidak keras atau terlalu padat.
  • Dalam sehari bisa kentut maupun sendawa sampai beberapa kali.
  • Berat badan cenderung stabil, karena buang air besar lancar dan tidak ada keluhan di saluran pencernaan.
  • Suasana hati juga terbilang stabil, sebab sebuah penelitian menunjukan jika perubahan suasana hati yang terlalu drastis bisa disebabkan oleh iritasi di saluran pencernaan, misalnya di lambung.
  • Kulit terlihat sehat, sebab pencernaan yang sehat akan membuat kulit tampak sehat karena nutrisinya terpenuhi.
  • Memiliki rambut yang kuat dan juga tebal.


Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan


Jika mendapati ciri-ciri di atas maka bisa disimpulkan bahwa Anda memiliki pencernaan sehat dan tentunya harus tetap dipertahankan. Supaya pencernaan senantiasa sehat bebas keluhan maka bisa melakukan beberapa upaya berikut ini:

1. Memperbanyak Makan Serat


Agar bisa merasakan berbagai tanda pencernaan sehat di atas maka dianjurkan sekali untuk rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat. Asupan serat perlu diakui memiliki sumbangsih besar bagi saluran pencernaan. Sebab serat ini bisa membantu melancarkan siklus buang air besar, mempermudah usus menyerap nutrisi makanan, melunakan tekstur feses, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu jika ingin pencernaan selalu sehat sebaiknya tidak pernah absen mengkonsumsi makanan berserat. Ada banyak sumber serat bisa dikonsumsi bergantian setiap harinya agar tidak bosan. Dimulai dari jenis buah-buahan dan sayuran, kemudian ada nasi merah, oatmeal, dan biji-bijian.

 

2. Mengurangi Makanan Berlemak


Umumnya orang baru akan memangkas asupan makanan berlemak ketika ingin menjalankan diet penurunan berat badan. Padahal mengurangi asupan makanan berlemak tinggi juga menjadi usaha untuk memiliki tubuh tetap sehat. Khususnya di sistem pencernaan, sebab asupan lemak berlebih membuat pencernaan bekerja ekstra keras.

Pasalnya lemak lebih sukar untuk dicerna dibandingkan dengan makanan rendah lemak maupun yang bebas lemak, kecuali untuk lemak sehat. Sehingga penting untuk membatasi asupannya, dan berhubung tubuh masih memerlukan asupan lemak. Maka utamakan lemak sehat yang mengandung omega 3, misalnya pada buah alpukat dan minyak zaitun.

3. Rutin Mengkonsumsi Probiotik


Salah satu kunci untuk menyehatkan saluran pencernaan adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang berdiam di dalam pencernaan, khususnya di usus. Bakteri inilah yang akan membantu usus untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Hanya saja karena satu dan lain hal jumlah bakteri baik ini terbilang kurang dan pencernaan didominasi bakteri jahat. Kondisi ini memicu diare, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Mengatasinya tentu saja dengan menyeimbangkan jumlah bakteri baik, yakni dengan mengkonsumsi makanan probiotik yang bisa dijumpai pada makanan fermentasi seperti yogurt dan tempe.

4. Makan Teratur Sesuai Jadwal


Memiliki pencernaan sehat dan bekerja secara prima tidak hanya bisa dimiliki dengan hanya memperhatikan apa yang dimakan. Akan tetapi juga wajib memperhatikan jadwal makan agar bisa teratur. Terlalu sering terlambat makan atau makan kurang bisa memicu masalah di pencernaan dan meluas ke penyakit lain.

Maka penting sekali untuk makan teratur tiga kali dalam sehari dimulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Selingi pula dengan menyantap cemilan sehat seperti buah-buahan, jus sayur atau buah, biji-bijian, dan lain sebagainya. Jika dilakukan rutin maka tidak sulit untuk memiliki pencernaan yang prima.

5. Memperbanyak Minum Air


Untuk bisa memiliki pencernaan yang sehat juga perlu memperbanyak minum air putih. Supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik yang membuat metabolisme berjalan lancar. Saat metabolisme tubuh dalam kondisi baik maka pencernaan cenderung lancar dan tetap sehat.

Utamakan air putih, seperti air mineral ataupun air sumur yang direbus sendiri di rumah. Kurangi atau mungkin hindari minum minuman manis dalam kemasan yang bisa mengandung banyak pengawet dan perasa. Selain air putih, kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi dari makanan kaya air seperti masakan berkuah dan buah-buahan tinggi air seperti semangka.

6. Berolahraga dengan Teratur


Olahraga secara teratur juga membantu menjaga dan memiliki pencernaan sehat secara alami dan tanpa biaya tinggi. Sebab kegiatan sehat ini bisa memastikan makanan bergerak lancar di pencernaan. Sehingga semakin mudah dicerna dan diserap nutrisinya oleh pencernaan tubuh.

Selain itu dengan aktif berolahraga juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal secara alami. Jika memiliki PR menurunkan berat badan sekian kilogram, maka perlu melibatkan kegiatan olahraga untuk mencapai target tersebut.

7. Bijak Mengelola Stress


Kondisi stress akan membuat pencernaan menjadi lebih lambat dan berpotensi meningkatkan asam lambung. Inilah salah satu alasan kenapa banyak orang yang rentan stress juga didera masalah maag, bahkan sampai akut. Maka penting untuk lebih bijak mengelola stress agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan.

 

8. Rutin Minum Nutrive FiberShot


Cara enak penuhi serat sehingga saluran pencernaan terjaga, dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot. Nutrive FiberShot minuman tinggi serat (5gr/ botol) yang mengandung 16 sari buah dan sayur untuk memelihara saluran pencernaan.

Mengkonsumsi Nutrive FiberShot memberi kemudahan bagi siapa saja untuk penuhi kebutuhan serat harian. Sebab tinggal diminum saja secara rutin setiap harinya, dan berbagai manfaat berikut bisa dirasakan:

  • memelihara fungsi saluran pencernaan
  • membantu bab teratur tiap hari, sehingga terhindar dari wasir, sembelit
  • mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, kanker usus, dan diabetesi tipe 2


Pencernaan yang sehat menyerap nutrisi yang baik, sehingga mendukung daya tahan tubuh. Penuhi kebutuhan serat harian dengan Nutrive FiberShot, yang dapat bermanfaat memelihara saluran cerna.

08 October 2021 - 822 views 4 min to read

Share: