Cara-Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) Di Dalam Tubuh

Cara-Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) Di Dalam Tubuh

Kolesterol HDL, dikenal sebagai kolesterol baik. Terdiri atas protein dan sedikit lemak, HDL membentuk senyawa yang stabil. Karena sifatnya yang tidak mudah terurai,membuat kolesterol pada HDL juga tidak mudah menggumpal. HDL ikut membantu memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh Kolesterol Jahat (LDL). 


Kolesterol baik ini bersifat seperti “pembersih”, mengangkut LDL yang bertebaran di dinding arteri dan membawanya kembali ke hati untuk dibuang melalui irin dan feses. Karena HDL mencegah terjadinya penimbunan pada dinding arteri, maka semakin tinggi kadar HDL akan semakin baik, karena dianggap sebagai pelindung jantung dan membuat anda terhindar dari kolesterol..

Kadar Kolesterol baik (HDL) sangat disarankan untuk lebih tinggi dari kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak) dalam darah. Hal ini dapat melindungi anda juga dari berbagai penyakit, termasuk aterosklerosis, penyakit jantung, dan stroke.

Tingkat Kolesterol baik yang disarankan


Berbeda dengan Kolesterol Jahat (LDL), semakin tinggi kandungan Kolesterol Baik (HDL), semakin baik juga untuk tubuh. Untuk mengetahui tingkat kolesterol, baik yang jahat maupun yang baik,.
Berikut ini adalah tingkat HDL normal untuk orang dewasa yang diketahui dari hasil tes darah:

  • Laki-laki: 45–60 mg/dL atau lebih
  • Perempuan: 55–60mg/dL atau lebih


Jika kadar HDL Anda di bawah batas normal, Anda akan memiliki resiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit yang terkait dengan jantung dan pembuluh darah, meskipun kadar LDL Anda tidak cukup tinggi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan upaya meningkatkan HDL dan menjaganya agar tetap normal.

cara meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

1. Makan Makan yang Sehat

Cara paling mudah untuk meningkatkan kadar Kolesterol baik (HDL) adalah mengatur makan-makanan anda ketika makan. Sebaiknya, hindari atau batasi makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti mentega, Fast food, Sosis, Gorengan dan makan-makanan lainnya yang memiliki lemak jenuh yang besar.. 

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang bisa membantu Kolesterol baik anda bertambah seperti omega-3 dan tinggi serat yang mudah ditemukan, misalnya roti gandum utuh, pasta gandum, berbagai jenis ikan, minyak zaitun, alpukat, chia seed, oatmeal, kacang-kacangan, serta buah dan sayur-sayuran.

 

2. Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga secara teratur pada setiap minggu atau harian juga merupakan cara alami untuk meningkatkan Kolesterol Baik (HDL). Jika Anda tidak biasa berolahraga, mulailah dengan berjalan kaki selama sekitar 10–15 menit beberapa kali seminggu, atau melakukan cardio 10 hingga 15 menit dirumah. Setelah itu, Anda bisa meningkatkan intensitas olahraga perlahan-lahan.

 

3. Turunkan Berat Badan dan Pertahankan Berat Badan Ideal Anda

Penurunan berat badan pada orang yang memiliki berat badan berlebih dan obesitas juga menunjukkan adanya peningkatan kolesterol baik. Hal positif juga terlihat dalam berbagai cara penurunan berat badan seperti perhitungan kalori, pembatasan karbohidrat, puasa intermiten, kombinasi diet dan olahraga serta pembedahan.

Cukup ikuti cara-cara yang mudah, yaitu mengontrol porsi dan jenis makanan, memilih makanan tinggi protein dan rendah lemak, serta olahraga teratur akan membantu anda menurunkan berat badan.

 

4. Batasi Konsumsi Alkohol

Minum alkohol diketahui dapat meningkatkan kadar HDL, dikarenakan kandungan gulanya yang lumayan banyak yang membuat kadar kolesterol jahat anda meningkat. Oleh karena anda harus membatasi konsumsi minuman beralkohol Anda, yaitu tidak lebih dari 2 gelas per hari untuk laki-laki dan tidak lebih dari 1 gelas untuk perempuan. 

 

5. Berhenti Merokok

Rokok sendiri memiliki kandungan yang sangat tidak baik bagi tubuh karena Merokok dapat meningkatkan risiko banyak penyakit seperti penyakit jantung dan kanker paru-paru,  Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik loh. 

Peneliti menemukan bahwa peningkatan kadar kolesterol baik dapat dicapai dengan berhenti merokok. Bahkan hasil penelitian juga memperlihatkan tidak ada perbedaan kadar kolesterol baik orang yang tidak pernah merokok dan perokok yang sudah berhenti merokok.

 

6. Ikuti Program Diet Serat Sehat

Program Diet Sehat merupakan salah satu hal yang bisa kamu ikuti untuk berhenti merokok, Program Diet Serat sehat ialah dengan melakukan konsumsi serat yang baik kedalam tubuh dan mengurangi makanan yang berminyak untuk masuk ke dalam tubuh. Untuk memenuhi serat yang baik ini kamu bisa melakukan konsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur seperti makan Brokoli, Tomat, Wortel, Apel (dengan kulitnya) Bayam, Jeruk dan lainnya.


Menjaga pola hidup sehat seperti di atas merupakan kunci untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Efek yang ditimbulkan tidak hanya itu, tapi juga kesehatan fisik dan psikis yang menyeluruh. Jadi, sebaiknya jangan tunda dan ubah gaya hidup Anda mulai sekarang. Untuk membantu anda menambah Kolesterol baik anda bisa mengkonsumsi Nutrive Benecol untuk membuat anda menurunkan kolesterol dengan aman dan menghindari risiko penyakit jantung koroner. Kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%

 

14 October 2021 - 387 views 3 min to read

Share: