Cara alami untuk menurunkan Kolesterol Tanpa Obat-Obatan

Cara alami untuk menurunkan Kolesterol Tanpa Obat-Obatan

Obat memang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun bukan berarti obat tidak memiliki efek samping. Menurut situs Mayoclinic, mengkonsumsi obat-obatan yang berlebihan lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan hati. Apalagi jika anda banyak mengkonsumsi obat penurun kolesterol seperti Statin. Memang peningkatan kadar kolesterol bisa dialami oleh semua orang dari berbagai usia, namun risiko tersebut bisa dihindari tanpa obat-obatan.

Sebetulnya tidak sulit untuk menurunkan kadar kolesterol tanpa obat-obatan, sayangnya banyak orang yang belum tau bahwa caranya sangatlah mudah. Sebelum anda mendapat jawaban bagaimana caranya, anda harus ketahui dulu efek samping yang diakibatkan dari Statin. Supaya anda memiliki motivasi lebih untuk menurunkan kadar kolesterol tanpa obat-obatan yang juga akan dijelaskan di bawah.

Efek Samping Obat Penurun Kolesterol


Kerusakan Otot


Kebanyakan orang yang mengkonsumsi Statin sering mengalami nyeri otot ringan hingga berat yang dapat mengganggu aktivitas. Bahkan Statin dapat menyebabkan kerusakan otot yang disebut Rhabdomyolysis, Kondisi ini biasanya terjadi ketika anda mengkonsumsi Statin dengan obat-obatan lainnya. Walaupun sangat jarang, Rhabdomyolysis dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hati, bahkan kematian.

Kerusakan Hati


Peningkatan kadar enzim di dalam hati menandakan adanya peradangan hati. Itu adalah reaksi hati ketika anda mengkonsumsi obat-obatan, karena hati harus bekerja untuk mencerna obat yang masuk ke dalam tubuh. Jika anda banyak mengkonsumsi obat-obatan lainnya, berbagai gejala seperti kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, dan nyeri akan menghantui anda.

Peningkatan Gula Darah


Statin juga dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Risiko ini sebetulnya tidak besar untuk orang yang memiliki kadar gula darah yang normal. Peningkatan gula darah sangat berisiko pada orang-orang yang sudah memiliki kadar gula darah di atas normal.


Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat-Obatan


1. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Cara pertama yang harus anda perhatikan adalah asupan makanan. Jaga asupan makanan anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi jantung dan hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh. Daging merah dan susu berlemak adalah asupan yang banyak mengandung lemak jenuh, serta hindari juga beberapa makanan ringan dan makanan cepat saji. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh yang tidak baik bagi kesehatan jangka panjang.

 

2. Rutin Berolahraga

Menjaga tubuh tetap bugar dapat membantu anda untuk selalu bisa melakukan berbagai beraktivitas, sehingga rutinitas sehari-hari tidak terganggu. Lakukan aktivitas fisik secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari atau aktivitas aerobik selama 20 menit setiap tiga hari seminggu. Anda bisa melakukannya di pagi hari secara rutin sebelum melakukan aktivitas, karena aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL).

 

3. Berhenti Merokok

Bagi anda yang hobi merokok, hentikan kebiasan buruk ini sebelum berbagai penyakit datang. Dalam kurun waktu 20 menit setelah anda berhenti merokok, tekanan darah dan detak jantung anda akan pulih. Setelah 3 bulan, sirkulasi darah dan fungsi paru-paru mulai membaik. Karena ketika menghisap rokok, tekanan darah dan detak jantung akan meningkat akibat nikotin yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kolesterol HDL juga kembali meningkat setelah anda membiasakan diri tanpa rokok.

 

4. Kurangi Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Memang sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol demi kesehatan tubuh. Namun jika anda mengkonsumsi alkohol, jangan terlalu banyak hingga di luar batas. Bagi orang tua di atas 65 tahun, disarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol lebih dari satu gelas perhari. Untuk usia di bawah 65 tahun, dua gelas perhari sudah menjadi batasan maksimal yang disarankan. Terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan risiko lain seperti darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.

 

5. Mengkonsumsi Nutrive Benecol Secara Rutin

Supaya tubuh anda tetap sehat, anda harus menjaga kadar kolesterol total di bawah 200mg/dL. Nah untuk mendukung pola hidup sehat yang sedang anda jalankan, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi Nutrive Benecol secara rutin. Dengan mengkonsumsi selama dua kali setelah makan, minuman ini dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol dan menjaga kadar kolesterol di batas normal. Tentu Nutrive Benecol sangat aman dikonsumsi karena tanpa penambahan gula pasir dan Low Gi.

Yuk mulai pola hidup sehat anda sebelum terlambat, karena lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Langsung saja ikuti cara-cara di atas secara rutin dan rasakan manfaatnya. Kita tidak akan tau penyakit apa saja yang dapat menyerang tubuh, sehingga kesehatan harus selalu dijaga agar aktivitas tidak terganggu. 

 

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935
https://www.health.harvard.edu/heart-health/how-to-lower-your-cholesterol-without-drugs
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-problems/symptoms-causes/syc-20374502

15 October 2021 - 161 views 3 min to read

Share: