Buah-buahan yang Mengandung Serat Prebiotik Bagus Untuk Imunitas

Buah-buahan yang Mengandung Serat Prebiotik Bagus Untuk Imunitas

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah-buahan, salah satunya adalah prebiotik. Tanpa kita sadar, prebiotik memiliki peran yang sangat penting untuk pencernaan. Karena kesehatan pencernaan juga memiliki peran yang penting bagi tubuh, terlebih lagi untuk orang dewasa yang suka beraktivitas..

Bagi anda yang penasaran dengan prebiotik dan berbagai manfaat yang ditawarkan, artikel ini akan membahas secara lengkap beserta dengan jenis buah-buahan yang juga terkandung prebiotik di dalamnya. Nah langsung aja anda simak di bawah ini!


Apa Itu Prebiotik?

Pertama-tama anda harus mengetahui bahwa prebiotik berbeda dengan probiotik. Walaupun tujuan manfaatnya sama, prebiotik adalah sumber makanan bagi bakteri sahat di tubuh anda. Dilansir situs WebMD, prebiotik adalah karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, sehingga mereka pergi ke saluran pencernaan bagian bahwa untuk membantu menumbuhkan bakteri sehat.

Mengapa Prebiotik Bagus?

Situs Parents memaparkan bahwa menambahkan probiotik bisa untuk mengurangi masalah sembelit, karena sembelit adalah masalah utama bagi orang yang sudah berumur diatas 30 tahun. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mempermudah tubuh menyerap kalsium yang membantu membangun tulang. Selain itu, prebioitk juga dapat membantu hormon rasa lapar dan kenyang pada yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Buah-buahan yang Mengandung Prebiotik

Apabila anda ingin memberikan prebiotik alami, tidak sulit untuk menemukan buah-buahan mengandung prebiotik. Berikut adalah buah-buahan tinggi prebiotik yang bisa anda pilih menurut situs Medical News Today dan WebMD:

  • Apel
  • Pisang
  • Semangka
  • Jeruk Bali
  • Berry
  • Tomat

Hati-hati dalam mengkonsumsi prebiotik, karena tidak semua orang bisa mengkonsumsi prebiotik. Meskipun efek samping jarang terjadi, situs WebMD mengatakan bahwa mengkonsumsi prebiotik pada penderita IBS (Irritable Bowel Syndrome) dapat mengalami kembung, sembelit, diare, dan gas. Mengkonsumsi prebiotik juga tidak disarankan pada penderita SIBO (Small Intestinal Bacterial Overgrowth). Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau pakar kesehatan lainnya.

Selain mengkonsumsi prebiotik, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi minuman kaya serat untuk membantu menyehatkan pencernaan. Tentunya Nutrive Fibershot bisa membantu anda untuk memulai pola hidup sehat dengan kandungan 16 sari buah dan sayur di dalamnya. Dengan mengkonsumsi dua kali sehari secara rutin, risiko penyakit stroke, jantung, dan kanker usus bisa dikurangi. Jaga kesehatan tubuh mulai dari sekarang sebelum terlambat, karena Nutrive Fibershot bisa anda dapatkan dengan mudah!

 

Referensi:

Medical News Today: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323214#vegetables
Webmd: https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-prebiotic#1
Webmd: https://www.webmd.com/children/news/20101128/children-may-benefit-from-probiotics-prebiotics
Parents: https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/why-kids-need-prebiotics/
Fatherly: https://www.fatherly.com/health-science/what-are-prebiotics-for-kids/
WebMD: https://www.webmd.com/digestive-disorders/prebiotics-overview

01 November 2021 - 108 views 2 min to read

Share: