Bisakah Kolesterol Tinggi Terjadi Pada Anak Muda? Ini Cara Mengatasinya

Bisakah Kolesterol Tinggi Terjadi Pada Anak Muda? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Kolesterol merupakan jenis lemak hasil produksi dari organ hati. Kolesterol juga bisa didapat dari makanan yang kita konsumsi setiap hari, seperti daging sapi, ayam atau mentega. Kolesterol sendiri mempunyai fungsi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti untuk produksi vitamin D, hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak. Meskipun kolesterol mempunyai manfaat baik bagi tubuh, akan tetapi jika jumlah kadar kolesterol terlalu tinggi didalam tubuh seseorang maka hal ini justru menjadi suatu hal yang tidak baik. 

Kadar kolesterol yang tinggi selain berbahaya bagi orang dewasa, ternyata juga berbahaya bagi anak muda di usia 20 tahunan keatas. Karena hal tersebut juga dapat memicu munculnya kondisi - kondisi kesehatan yang buruk dan meningkatkan resiko berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, hipertensi atau stroke dimasa yang akan datang.

Kadar Kolesterol Yang Baik Untuk Anak Muda

Sebelum anda mengetahui kadar kolesterol yang baik untuk seseorang yang tergolong berusia muda, anda sebelum nya harus tau juga jenis - jenis kolesterol yang ada dalam tubuh. Kolesterol sendiri dibagi menjadi 3 kelompok utama. Yang pertama adalah LDL atau low-density lipoprotein yang sering disebut juga kolesterol jahat, lalu ada juga HDL atau high-density lipoprotein atau kolesterol baik dan yang terakhir adalah Trigliserida.

Untuk kadar kolesterol yang normal bagi anak muda usia 20 tahun keatas yang dibagi berdasarkan kelompok gender menurut National Library of Medicine atau MEDLINE adalah sebagai berikut :

Pria Usia 20 tahun keatas

LDL            : Kurang dari 100mg/dL
HDL            : 40mg/dL atau lebih 
Non-HDL        : Kurang dari 130mg/dL
Total Kolesterol    : 125 hingga 200mg/dL

Wanita Usia 20 tahun keatas

LDL            : Kurang dari 100mg/dL
HDL            : 50mg/dL atau lebih
Non-HDL        : Kurang dari 130mg/dL
Total Kolesterol    : 125 hingga 200mg/dL

 

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Anak Muda

Setelah anda mengetahui kadar tingkat kolesterol yang normal bagi seorang yang berusia muda. Kita harus lebih memperhatikan asupan nutrisi sehari - hari  dengan memprioritaskan asupan makanan - makanan sehat yang bergizi seimbang. Jangan sampai nantinya kadar kolesterol anda mempunyai tingkatan yang cukup tinggi padahal usia anda masih termasuk usia muda yang seharusnya senantiasa sehat dan produktif. Kadar kolesterol tinggi pada anak muda umumnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebabnya sendiri antara lain adalah :

Obesitas Atau Berat Badan Berlebih


Seseorang dengan berat badan berlebih atau mempunyai kondisi obesitas, cenderung rawan memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak atau kalori yang tidak dibakar dan dapat juga menyebabkan hal - hal lain seperti kesusahan bergerak atau kondisi kesehatan lainnya.

Pola Makan Yang Kurang Sehat


Asupan makanan untuk tubuh yang cenderung kurang sehat adalah pola makan yang terlalu banyak mengandung makanan berlemak tinggi, seperti gorengan atau junk - food. Makanan dengan kadar lemak tinggi ini biasanya juga dapat memicu kenaikan kolesterol pada seseorang, bahkan untuk anak muda yang baru berusia 20 tahunan. 

Kurang Aktif Bergerak Atau Berolahraga


Ketika seseorang kurang banyak melakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak aktif seperti olahraga, nantinya kadar kolesterol dalam tubuh orang tersebut juga dapat melambung tinggi. Maka dari itu sangat tidak disarankan bagi seorang yang masih berusia muda untuk menghabiskan waktunya seharian dengan tidak banyak bergerak seperti menghabiskan waktu berjam-jam didepan komputer atau smartphone.

Cara Mengatasi Dan Mencegah Kolesterol Tinggi Pada Anak Muda

Apabila anda memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, anda tidak perlu khawatir, kami punya beberapa tips yang dapat anda terapkan agar kadar kolesterol dalam tubuh anda tetap terjaga dalam keadaan yang normal. Tips ini juga berguna bagi anda yang ingin mencegah naik nya tingkat kolesterol pada tubuh. Simak tips untuk mengatasi dan mencegah tingginya tingkat kolesterol berikut ini ya.

Tips Dan Cara Mengatasi Serta Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi 

Perbanyak Asupan Makanan Yang Sehat Dan Bergizi Seimbang


Asupan makanan merupakan salah satu faktor terpenting untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Anda bisa mengurangi asupan makanan yang kurang menyehatkan seperti junk-food, makanan - makanan manis atau berminyak yang mengandung banyak lemak jenuh. Perbanyak konsumsi makanan yang menyehatkan serta rendah lemak seperti sayuran, buah - buahan dan ikan.

Biasakan Rutin Berolahraga Secara Aktif


Jika anda sering melakukan aktivitas yang tidak terlalu banyak bergerak. Sudah saatnya anda mulai rutin berolahraga dan bergerak secara aktif. Olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging, merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menyehatkan dan dapat anda lakukan bersama dengan orang - orang terdekat anda. Sehingga kesehatan anda dan keluarga serta kerabat anda semakin terjaga dan kadar kolesterol menjadi tetap normal.

Terapkan Pola Hidup Sehat


Pola hidup sehat seperti asupan makanan sehat dan bergizi, serta aktif bergerak setiap harinya merupakan salah satu kunci untuk menangani kadar kolesterol pada yang tinggi. Jangan lupa pastikan tubuh anda mendapatkan istirahat yang cukup sehingga nantinya kesehatan anda dapat terjaga dengan baik. Mulai lakukan pemeriksaan kadar kolesterol setiap tahunnya semenjak usia 20 tahun.

Itulah tadi penjelasan dari kami tentang kadar kolesterol yang tinggi bagi anak muda, penyebabnya dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya, karena pada dasarnya kolesterol tidak mengenal umur, anak muda yang umurnya baru berusia 20 tahun keatas pun berpotensi memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jika anda merasa khawatir dengan tingkat kolesterol pada tubuh anda. Tenang saja, kami punya solusinya, anda bisa menjaga tingkat kolesterol anda dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol. Plant Stanol Ester (PSE) yang terkandung di dalamnya merupakan kandungan yang sudah terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh anda sekitar 7% - 10% dengan konsumsi rutin selama 2-3 minggu yang dibarengi dengan olahraga teratur dan menghindari makanan berkolesterol tinggi. hadapi harimu dengan Nutrive Benecol dan ucapkan selamat tinggal pada tingkat kolesterol tinggi !.
 

15 March 2022 - 40 views 4 min to read

Share: