Berikut Akibat dari Kekurangan kandungan serat di dalam tubuh

Berikut Akibat dari Kekurangan kandungan serat di dalam tubuh

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa serat memiliki peran yang penting dalam proses pencernaan. Padahal pembentukan 70% sel penting untuk kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan. Jika kebutuhan serat dalam tubuh kurang dari yang dibutuhkan, kemungkinan tubuh akan terserang berbagai penyakit yang sangat merugikan. 

Bahkan 9 dari 10 orang penduduk Indonesia hanya mengkonsumsi 7 gram serat dari kebutuhan 30 gram serat per harinya. Kurangnya kepekaan terhadap hal ini membuat banyak orang terserang masalah pencernaan mereka sadari, terlebih orang yang kurang mengonsumsi buah, dan sayur dalam menu makannya. Maka itu harus dilakukan langkah pencegahan dengan memenuhi kebutuhan serat.


Efek Akibat Kekurangan Serat

Banyak sekali risiko penyakit yang diakibatkan dari kurangnya kebutuhan serat. Memang terdengar sepele, namun anda tidak akan menyangka bahwa beberapa penyakit di bawah ini bisa berasal dari kebutuhan serat yang kurang terpenuhi. Di bawah ini ada berbagai risiko akibat kekurangan serat yang perlu anda ketahui, di antaranya adalah:

Sembelit


Hampir setiap orang pasti pernah merasakan sembelit dan rasanya sangat tidak mengenakan. Gejala sembelit ditandai dengan tinja keras, kering, dan kesulitan buang air besar. Jangan sampai anda tidak BAB kurang dari tiga kali seminggu, karena itu sudah dikategorikan sebagai sembelit. Apabila anda masih berada di fase ini, segera konsumsi makanan tinggi serat dan minum air putih yang cukup sebelum menjalar ke efek yang lebih parah.

Gula Darah Tidak Stabil


Menjelang lansia, kadar gula dalam darah cenderung akan meningkat. Sehingga dibutuhkan senjata untuk mengontrol gula yang ada di dalam darah. Serat dapat memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula, sehingga peningkatan gula dalam darah tidak meningkat secara drastis dan dapat membantu mengontrol level glukosa dalam darah. 

Kenaikan Berat Badan


Serat juga memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga anda bisa terhindar dari mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Jika anda merasa kurang kenyang setelah makan, lebih baik mengkonsumsi makanan-makanan tinggi serat. Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebihan di luar batas kebutuhan gizi harian. Apalagi untuk anda yang memiliki kebiasaan mencamil untuk menghilangkan rasa lapar.

Mudah Lelah 


Memang efek ini tidak semenakutkan dibanding beberapa efek akibat kekurangan serat di atas, namun aktivitas akan terganggu jika anda sering merasa kelelahan padahal tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti bekerja, berolahraga, belajar, dan sebagainya. Rasa lelah yang berkepanjangan juga akan membuat anda kurang fokus dalam melakukan sesuatu.

Cara Terbaik Penuhi Kebutuhan Serat


Sebetulnya tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh, karena bermacam-macam buah dan sayuran kaya serat sangat mudah ditemukan. Namun jika anda tidak suka mengkonsumsi buah atau sayuran atau tidak sempat konsumsi karena beberapa hal, tidak perlu khawatir. Nutrive FiberShot dapat membantu anda memenuhi kebutuhan serat dengan rasa yang enak. Serat terbukti membantu memberikan efek kenyang lebih lama sehingga menghindari anda dari mengkonsumsi makanan yang berlebihan. selain itu serat juga cocok untuk kamu dalam membantu program diet agar menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Di dalam satu botol Nutrive FiberShot mengandung 5 gram serat serta 16 sari buah dan sayur untuk membantu BAB teratur dan terhindar dari masalah pencernaan lainnya. Dengan menjaga saluran pencernaan tetap sehat, risiko penyakit stroke, penyakit jantung, kanker usus, dan diabetes tipe 2 dapat ditekan. Tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari buah dan sayur di supermarket untuk dikonsumsi, karena Nutrive Fibershot bisa didapatkan dengan mudah melalui berbagai marketplace yang ada di Indonesia. Segera penuhi kebutuhan serat anda setiap hari dengan Nutrive Fibershot, supaya kesehatan anda tetap terjaga.

 

 

13 October 2021 - 52 views 3 min to read

Share: