Berikut Adalah Tanda-tanda dari Tubuh Anda Kekurangan Serat 

Berikut Adalah Tanda-tanda dari Tubuh Anda Kekurangan Serat 

Terkadang kita tidak terlalu memperdulikan asupan makan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal tubuh memiliki batasan nutrisi yang harus dipenuhi untuk membuatnya tetap sehat. Situs Mayoclinic memaparkan bahwa seorang pria dewasa membutuhkan 38 gram serat dan wanita dewasa membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sayangnya tidak banyak orang yang memenuhi kebutuhan tersebut, padahal makanan tinggi serat dapat mudah ditemukan sehari-hari.

Nah beberapa tanda-tanda akibat kekurangan serat di bawah ini mungkin dapat meningkatkan kesadaran anda akan kesehatan. Selagi masih ada waktu, jagalah tubuh tetap sehat supaya anda terhindar dari penyakit. Berikut 5 tanda-tanda ketika tubuh kekurangan serat menurut situs WebMD!

Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Serat

  • Sembelit


Tanda-tanda pertama yang mungkin anda alami ketika kekurangan serat adalah sembelit. Serat membantu pergerakan usus secara teratur dengan cara menggembungkan tinja, meningkatkan motilitas, dan melumasi tinja dengan sifat gel yang dimiliki oleh serat. Menurut situs Cleveland Clinic, sembelit terjadi apabila anda hanya melakukan buang air besar selama 1-2 kali seminggu.

  • Diare


Selain sembelit, kekurangan serat secara tidak langsung juga dapat menyebabkan diare. Kurangnya keragaman dan jumlah bakteri menguntungkan di usus mengakibatkan kurangnya proteksi terhadap penyakit pencernaan. Serat yang terkandung pada makanan nabati adalah prebiotik sebagai nutrisi untuk memberi makan dan mendukung bakteri baik di usus anda.

  • Cepat merasa lapar

Kurang asupan serat akan mengakibatkan Anda cepat merasa lapar, karena serat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang sedikit serat.
Serat membentuk senyawa seperti gel pada saluran pencernaan, yang memberikan efek penyerapan nutrisi menjadi lebih lambat sehingga tidak mudah merasa lapar.

  • Kegemukan dan obesitas


Apabila anda selalu merasa lapar, anda akan lebih banyak mengkonsumsi makanan dan dapat menimbulkan kegemukan. Makanan berserat memiliki kepadatan kalori yang rendah dengan volume yang besar, sehingga dapat mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. Diet tinggi serat dapat mengurangi beban kalori dan mencegah beberapa kalori diserap oleh usus, sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

  • Gula darah tidak stabil


Semakin lama anda mengalami kekurangan serat, kadar glukosa darah anda akan meningkat akibat mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi. Setelah respon insulin mulai bekerja, gula darah akan menurun secara drastis. Di titik ini, anda akan merasakan penurunan energi dan mengirimkan sinyal lapar. Sehingga anda akan berusaha mengkonsumsi makanan tinggi gula yang dapat meningkatkan gula darah.

 

Lakukan Diet Tinggi Serat Untuk Pola Hidup Sehat 

Jangan terlalu menganggap remeh ketika anda kurang mengkonsumsi serat, karena semakin lama penyakit merugikan lainnya dapat menghampiri anda. Untuk itu biasakan mengkonsumsi makanan tinggi serat untuk memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh. Menurut situs Mayoclinic, anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan seperti:

  • Gandum utuh
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian

Selain mengkonsumsi makanan-makanan di atas, tutup dengan mengkonsumsi minuman yang segar dan juga menyehatkan. Tentunya dengan Nutrive Fibershot yang juga dapat membantu anda memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh. Dengan kandungan 16 sari buah dan sayur, Nutrive Fibershot dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Sehingga anda bisa menghindari pola makan berlebihan dan mengurangi risiko terserang penyakit mematikan. Kalian juga bisa melakukan cek serat harian akurat di website Nutrive Nutrition.

Referensi:
https://www.emedihealth.com/nutrition/fiber-deficiency 
https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4059-constipation
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/high-fiber-foods/art-20050948
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983
https://www.webmd.com/food-recipes/features/4-warning-signs-your-diet-may-lack-fiber 

 

09 November 2021 - 79 views 2 min to read

Share: