Berbagai Cara dalam Menangani Irritable Bowel Syndrome

Berbagai Cara dalam Menangani Irritable Bowel Syndrome

Tak hanya terjadi pada kulit, ternyata iritasi juga terjadi di organ dalam tubuh manusia. Penyakit ini bernama Irritable Bowel Syndrome atau sindrom iritasi usus besar. Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan gangguan di sistem pencernaan yang menimbulkan gabungan gejala (sindrom) pada usus besar. Gejala sindrom IBS yang sering dirasakan oleh pengidap IBS adalah nyeri perut serta perubahan pola buang air besar yang diakibatkan sembelit atau diare.

Wanita lebih rentan mengalami IBS daripada pria dan biasanya terjadi pada seseorang yang berusia di bawah 50 tahun. Gejala IBS yang ada bisa diakibatkan oleh berbagai kondisi, misalkan sedang mengalami stres, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu serta perubahan hormon seperti ketika datang bulan pada wanita.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menangani IBS. Mari kita simak bersama - sama.

Cara Mengatasi Irritable Bowel Syndrome

Berolahraga

Anda bisa mencoba olahraga yang bisa dilakukan dalam rumah seperti yoga. Namun, jika lebih menyukai aktivitas di luar rumah, Anda bisa mencoba olahraga seperti bersepeda, pergi ke gym, atau jogging.

Dengan berolahraga Anda bisa meringankan gejala dari Irritable Bowel Syndrome. Menurut studi pada jurnal PLOS ONE, aktivitas fisik bisa mendorong perpindahan ampas makanan dan gas di dalam usus. Hal tersebut membuat usus menjadi punya ruang sehingga gejala perut kembung berkurang. 

Konsumsi Obat-obatan

Jika gejala IBS sudah sangat sering kambuh sehingga mengganggu Anda dalam beraktivitas. Sudah saatnya diatasi dengan menggunakan obat-obatan. Anda bisa meminta kepada Dokter untuk meresepkan obat agar gejala IBS bisa berkurang.

Menghindari Makanan/Minuman Pemicu

Pemilihan makanan yang tepat, perlu dilakukan oleh penderita IBS. Sebab, jika tidak hati-hati dalam memilih makan dan minuman malah bisa menjadi pemicu IBS. Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan diare sehingga membuat rasa tidak nyaman pada perut. 

Makanan yang bisa memicu gejala sindrom usus besar adalah : 

  • Makanan bersantan,
  • Kuning telur,
  • Kulit dan daging unggas,
  • Gorengan
  • Alkohol,
  • Minuman berkarbonasi,
  • Kopi atau susu

Psikoterapi

Dalam kehidupan, kadang ada yang tidak sejalan dengan keinginan kita. Saat keinginan itu tidak tercapai atau saat tertimpa musibah bisa membuat stres atau depresi yang berkepanjangan. Kondisi psikologis dari seseorang bisa mempengaruhi sistem pencernaan. 

Gejala IBS bisa muncul atau bertambah parah saat pengidapnya sedang stres, tertekan atau saat cemas yang berlebih. Kondisi ini diduga akibat dari mental yang terganggu sehingga mempengaruhi kinerja otak dan saraf pada saluran pencernaan.

Jika gejala IBS muncul saat kondisi psikologis terganggu, Anda bisa mencoba psikoterapi untuk mengurangi gejala Irritable Bowel Syndrome. Anda bisa melakukan hipnoterapi atau terapi kognitif perilaku yang dibimbing oleh tenaga mental profesional.

Memilih Jenis Serat yang Tepat 

Apa yang dimaksud dengan jenis serat yang tepat ? Serat pada makanan terbagi menjadi dua, yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat tidak larut (insoluble fiber). Disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi serat tak larut karena membuat gejala diare pada orang IBS makin parah. 

Contoh makanan berserat tidak larut, yaitu biji-bijian, gandum, kentang, alpukat, seledri, kembang kol, tomat, dan kiwi. Begitu pun sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan tinggi serat yang mudah larut seperti oat, apel, pir, stroberi, kacang polong dan juga ubi.

Demikianlah penjelasan singkat yang membahas cara mengatasi IBS. IBS dapat menimbulkan gejala gangguan pencernaan yang mengganggu aktivitas harian dan bisa membuat Anda tidak menjadi produktif. Untuk mengurangi gejalanya, Anda bisa melakukan cara seperti yang sudah disebutkan di atas. 

Nah, ada satu cara lagi yang praktis untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh Anda, yakni dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot. 

Nutrive FiberShot adalah minuman tinggi serat yang mengandung 16 sari buah & sayur sehingga bisa anda jadikan opsi pemenuhan kebutuhan serat harian anda sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang maksimal. Pastikan kebutuhan serat harian anda terpenuhi dengan konsumsi Nutrive FiberShot 2x sehari ya!

12 October 2022 - 23 views 3 min to read

Share: