Benarkah Karbohidrat Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

Benarkah Karbohidrat Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

Tidak hanya lemak, karbohidrat juga diberitakan sebagai salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. Apakah pendapat ini bisa dibenarkan secara medis?

Sebagian besar orang membatasi asupan makanan yang tinggi lemak seperti daging, telur, jeroan, gorengan dan sebagainya. Tapi ternyata ada zat selain lemak yang bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Karbohidrat! Seperti lemak, karbohidrat ternyata juga berperan dalam peningkatan kolesterol darah.

Kaitan Karbohidrat dengan Kolesterol


Asupan karbohidrat yang biasa didapatkan berasal dari tumbuhan, seperti padi-padian atau serealia, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan gula. Karbohidrat adalah sumber energi utama, satu gram karbohidrat bisa menghasilkan empat kalori.

Karbohidrat dalam darah sebagiannya berada dalam sirkulasi darah, sebagai glukosa untuk energi dan sebagian lainnya disimpan sebagai glikogen dalam hati, ataupun otot, lalu sebagian lagi diubah jadi lemak untuk disimpan sebagai cadangan energy dalam jaringan lemak. Jika mengonsumsi karbohidrat terlalu berlebih, akan membuat tubuh gemuk dan dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah total dalam tubuh.

Menurut  Grundy (1998), konsumsi karbohidrat secara berlebih cenderung meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Trigliserida merupakan golongan kolesterol jahat karena dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Sedangkan jumlah kolesterol baik (HDL) yang menurun akan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Selain itu, efek karbohidrat dalam meningkatkan kadar kolesterol darah ternyata dipengaruhi oleh jenisnya. Karbohidrat sederhana memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk meningkatkan kadar trigliserida dalam darah dibandingkan dengan karbohidrat kompleks.

Dengan acuan pembahasan di atas, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi karbohidrat sama sekali, Anda hanya perlu membatasi asupan karbohidrat harian. Dengan kata lain, tidak hanya asupan lemak yang harus dibatasi, Anda juga harus membatasi asupan karbohidrat guna mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%.

11 October 2021 - 1739 views 2 min to read

Share: