Bahaya Rokok Bagi Sistem Pencernaan, Dari Tukak Lambung Hingga Kanker!

Bahaya Rokok Bagi Sistem Pencernaan, Dari Tukak Lambung Hingga Kanker!

Sudah tidak perlu diragukan, kebiasaan merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Rokok merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Selain berbahaya bagi kesehatan jantung. Rokok juga berdampak buruk bagi sistem pencernaan manusia, lho !

Kebiasaan merokok bisa memicu kerusakan pada jaringan tubuh. Bahkan, bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang mematikan. Walaupun rokok sudah diketahui menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Tetap saja masih banyak orang yang melakukan kebiasaan ini.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018, prevalensi merokok di Indonesia kian meningkat tiap harinya. Data Riskesdas menunjukkan prevalensi merokok pada usia 10-19 tahun bertambah 1,9 persen. Dari yang awalnya 7,2 persen pada tahun 2013 menjadi 9,1 persen di tahun 2018, dan jumlah ini terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Rokok dapat mengakibatkan banyak dampak buruk untuk tubuh, termasuk bagi sistem pencernaan. Apa saja dampak buruk dari rokok bagi sistem pencernaan manusia ? 

Waspadai Dampak Bahaya Rokok Yang Dapat Menggerogoti Kesehatan Sistem Pencernaan Anda Berikut Ini! 

Tukak Lambung

Dampak buruk pertama yang diakibatkan dari rokok bagi sistem pencernaan adalah tukak lambung. Tukak lambung adalah munculnya luka pada dinding lambung. Selain pada dinding lambung, tukak juga bisa terjadi di bagian awal organ usus halus. 

Kebiasaan merokok dapat menurunkan aliran darah yang menuju dinding lambung dan usus halus. Di samping itu, kebiasaan merokok juga bisa membuat seseorang terinfeksi bakteri Helicobacter Pylori. Bakteri ini dapat meningkatkan risiko terkena tukak lambung. Ketika seseorang sudah terkena tukak lambung maka akan terjadi luka pada lambung yang dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti sakit maag, seperti nyeri ulu hati, kembung, dan mual. Hal ini tentunya cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan baik sehingga  jika dibiarkan dapat mengganggu aktivitas anda sehari - hari anda dan bukan tidak mungkin dapat berakibat fatal bagi lambung anda..

Penyakit Crohn

Dampak buruk dari kebiasaan merokok yang kedua adalah penyakit Crohn. Penyakit Crohn merupakan penyakit peradangan pada dinding usus dan bisa menimbulkan gejala-gejala, seperti :  

  • Sakit perut
  • Diare yang berkepanjangan
  • Mual dan muntah
  • Hilangnya nafsu makan
  • Berat badan jadi menurun
  • BAB berdarah

Para ahli memperkirakan kebiasaan merokok membuat aliran darah yang menuju usus menjadi berkurang. Akibatnya, mengganggu sistem imun pada usus. Di samping itu, ketidakseimbangan jumlah bakteri usus. Bisa menjadi faktor yang menyebabkan penyakit Crohn.

Radang Pankreas

Zat-zat berbahaya pada rokok bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami radang pankreas. Selain itu, merokok juga bisa memperparah gejala pankreatitis (radang pankreas) yang sudah ada.

Berapa gejala-gejala yang muncul ketika mengalami radang pankreas, yaitu :

  • Demam
  • Terjadi gangguan pencernaan
  • Diare
  • Mual dan muntah

Fungsi pankreas sangatlah penting bagi sistem pencernaan sehingga perlu dijaga kesehatannya. Selain untuk memproduksi hormon, pankreas juga memiliki fungsi sebagai organ yang menghasilkan enzim. Fungsi dari enzim diantaranya adalah untuk memecah komponen makanan saat proses pencernaan.

Gangguan pada Organ Hati

Selain berdampak buruk pada pankreas, rokok juga berdampak buruk bagi organ hati. Fungsi organ hati pada manusia adalah sebagai organ penyaring racun atau organ yang melakukan detoksifikasi. Organ hati akan memisahkan zat-zat yang masih berguna oleh tubuh dari zat lain yang bersifat racun yang berasal dari alkohol, obat-obatan dan juga rokok.

Pada saat Anda merokok, hati akan menyaring zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Zat berbahaya tersebut kemudian menumpuk di dalam hati. Lama-lama akan terjadi gangguan fungsi hati. Kondisi ini bisa bertambah parah bila Anda juga sering mengonsumsi alkohol.

Kanker pada Berbagai Organ Pencernaan

Tahukah Anda ? Jika kanker dapat tumbuh dan berkembang di organ manapun dalam tubuh Anda. Dalam sistem pencernaan manusia, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko kanker di organ sistem pencernaan, seperti di mulut, kerongkongan, hati, usus, lambung, dan juga pankreas.

Merokok sudah pasti tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam sebatang rokok, terkandung banyak zat-zat kimia yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh sehingga apabila anda terus - menerus mengonsumsi rokok, dampaknya pun akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan keberlangsungan hidup anda. 

Beberapa cara yang bisa anda lakukan melindungi kesehatan organ-organ pencernaan antara lain adalah :

  • Tidak konsumsi alkohol 
  • Berhenti merokok
  • Makan makanan yang bergizi seimbang
  • Memenuhi asupan serat harian. 

Nah, supaya asupan serat terpenuhi dengan baik dan kesehatan pencernaan terjaga, Anda bisa mengonsumsi minuman sehat seperti Nutrive FiberShot yang mengandung 16 kandungan sari buah dan sayur yang pastinya membantu memelihara saluran pencernaan, sehingga tubuh anda bisa senantiasa sehat tanpa takut terkena berbagai kondisi kesehatan yang bisa mengancam kesehatan saluran pencernaan anda. Yuk, rutin konsumsi Nutrive FiberShot 2x sehari untuk terus jaga kesehatan sistem pencernaan anda.

12 October 2022 - 18 views 3 min to read

Share: