Bahaya Darah Kental untuk Kesehatan Jantung serta Cara Mencegahnya

Bahaya Darah Kental untuk Kesehatan Jantung serta Cara Mencegahnya

Salah satu masalah kesehatan yang jarang diperhatikan orang adalah darah kental.

Darah kental disebut juga dengan istilah hiperkoagulasi adalah kondisi ketika darah mudah menggumpal.

Penggumpalan darah sebenarnya merupakan respons dari sistem pertahanan tubuh untuk menghentikan pendarahan ketika ada bagian tubuh yang terluka atau tersayat. Tetapi, darah yang mudah menggumpal juga dapat menyumbat aliran darah dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Darah yang mudah menggumpal dapat mengganggu kesehatan organ di dalam tubuh manusia, salah satunya adalah jantung.

Apabila Anda memiliki darah kental, dapat mengakibatkan aliran darah ke organ jantung akan terhambat. Saat aliran darah terhambat, maka bisa terjadi risiko pengendapan dan dapat membentuk gumpalan-gumpalan dalam pembuluh darah.

Kondisi itu membuat jaringan atau organ tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen serta nutrisi yang diangkut oleh darah, termasuk jantung dan otot-ototnya. Inilah mengapa darah kental berisiko membuat Anda mengalami gejala penyakit jantung seperti sesak napas dan nyeri di dada. 

Sangat berbahaya bukan ? Oleh karena itu Anda perlu tahu cara mencegah risiko terjadinya darah kental agar terhindar dari kondisi tersebut. 

Simak beberapa cara untuk mencegah penyebab darah kental di bawah ini, ya !

Cara Mencegah Darah Kental agar Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Minum Air Putih yang Rutin dan Cukup

Cara sederhana untuk mencegah darah kental bisa Anda lakukan dengan minum air putih secara rutin. Apabila Anda jarang minum air putih, cadangan cairan dalam tubuh yang membantu melarutkan kandungan garam pada darah akan berkurang. Oleh sebab itu, kandungan garam dalam dalam darah akan meningkat. Kandungan garam yang tinggi bisa menyebabkan darah jadi mengental.

Jalankan Gaya Hidup Sehat

Dengan menjalankan gaya hidup sehat, Anda bisa mencegah darah kental dalam tubuh. Gaya hidup sehat seperti menjaga berat badan tetap seimbang, mengonsumsi makanan yang sehat, tidak minum alkohol dan rajin berolahraga. 

Untuk mencegah darah menggumpal karena darah kental, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 yang terkandung pada ikan berlemak seperti salmon, tuna dan ikan makarel. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin E pada biji-bijian dan kacang-kacangan juga bisa membantu mengurangi pembekuan darah. 

Jauhi Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menurunkan kesehatan jantung Anda. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan peredaran darah. 

Melansir dari British Heart Foundation, bahan kimia yang terkandung pada rokok dapat melekat pada dinding arteri. Hal ini membuat arteri yang membawa darah akan tersumbat. Apabila sistem kerja arteri yang membawa darah jantung tersumbat, maka dapat menyebabkan serangan jantung.

Merokok tidak hanya membahayakan perokok aktif jika Anda tidak merokok, tetapi sering terpapar asap rokok, tentunya Anda juga bisa terkena risiko serangan jantung. Selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok juga membahayakan bagi orang disekitarnya. 

Hindari Duduk Diam untuk Waktu yang Lama

Memang asyik rasanya jika sudah duduk sambil memegang smartphone sehingga tanpa sadar Anda sudah duduk diam dalam waktu yang lama. Di samping itu, duduk diam terlalu lama juga bisa dilakukan seseorang ketika sedang fokus pada pekerjaan atau mengerjakan tugas. 

Tak banyak yang tahu bahwa ketika duduk terlalu lama, dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah di kaki Anda, khususnya di daerah paha atau betis. 

Seandainya aktivitas atau kondisi pekerjaan membuat Anda  terlalu banyak duduk diam, Anda bisa meluangkan waktu sedikit untuk melakukan peregangan sehingga peredaran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit darah kental.

Konsumsi Makanan Bergizi yang Baik untuk Jantung

Hindari makanan yang bisa membuat kolesterol dalam tubuh menjadi meningkat seperti jeroan, gorengan, atau makanan cepat saji (fast food). Anda bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan bergizi untuk jantung, yaitu tahu, tempe, kacang-kacangan, dan juga oatmeal.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyebab darah kental. Aktivitas yang padat terkadang membuat Anda tidak sempat untuk berolahraga atau lupa untuk mengonsumsi air putih. 

Jika dibiarkan tentu tidak baik karena bisa membuat Anda terkena penyakit darah kental. Selain itu, sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dapat membuat penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar akibat dari penggumpalan darah. 

Tapi tenang saja, Anda tak perlu risau karena ada minuman sehat yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, yaitu Nutrive Benecol. 

Nutrive Benecol dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%. Kandungan Plant Stanol Ester yang berasal dari tumbuhan, aman untuk dikonsumsi dan sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Cukup dengan meminum Nutrive Benecol 2 botol setiap hari setelah makan. Tak hanya itu, Nutrive Benecol juga hadir dalam 4 varian rasa buah yang enak, yaitu blackcurrant, orange, lychee dan strawberry. 

Kolesterol tinggi bisa menjadi sumber penyakit. Anda bisa mengatasinya dengan rutin konsumsi Nutrive Benecol setiap hari !

 

04 October 2022 - 21 views 3 min to read

Share: