Bagaimana Serat Bisa Menurunkan Berat Badan? Yuk Simak Penjelasannya!

Bagaimana Serat Bisa Menurunkan Berat Badan? Yuk Simak Penjelasannya!

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘diet rendah kalori dan tinggi serat’? Istilah seperti ini mungkin merupakan istilah diet yang paling sering Anda dengar, terutama jika Anda ingin menjalankan program diet dan masih mencari tahu diet seperti apa yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa dengan makan makanan yang mengandung 30 gram serat setiap hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Karena hal tersebut, diet tinggi serat seakan menjadi idola. Tapi sebenarnya, bagaimana serat bisa menurunkan berat badan, ya? Apakah benar serat bisa menurunkan berat badan?

Langsung saja kita masuk ke pembahasannya, yuk!

Apa itu Serat?

Sebelum membahas bagaimana serat bisa menurunkan berat badan, kita bahas dulu sebenarnya apa sih serat itu?

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Meskipun sebagian besar dari karbohidrat bisa dipecah menjadi molekul gula yang disebut glukosa, tetapi serat tidak dapat dipecah menjadi molekul gula tersebut.

Serat memiliki tugas yang sangat penting untuk membantu tubuh mengatur gula darah dan juga menjaga rasa lapar di dalam tubuh. Karena tugasnya yang penting itu, anak-anak sampai 35 gram serat per hari. Jumlah ini dibutuhkan untuk menunjang kesehatan badan dengan maksimal.

Serat bisa diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut memiliki fungsi untuk membentuk kotoran yang nantinya akan dikeluarkan melalui anus (tinja). Sedangkan serat larut bisa secara signifikan mempengaruhi kesehatan dan metabolisme tubuh, termasuk berat badan Anda.

Bagaimana Serat Bisa Menurunkan Berat Badan

Seperti yang kita tahu, serat yang dihasilkan dari makanan dan masuk ke dalam tubuh kita akan mengisi lambung dan merangsang perut untuk mengirimkan sinyal/reseptor dari dalam tubuh pada otak sehingga otak berpikir bahwa Anda sudah kenyang.

Ketika otak berpikir bahwa Anda sudah kenyang, maka otomatis Anda akan berhenti makan. Hal ini tentu bisa membantu tubuh untuk terhindar dari perasaan lapar yang dirasakan secara terus menerus dan membantu Anda untuk bisa mengontrol makan ketika kenyang.

Tak hanya itu, serat bisa memperlambat pemrosesan makanan yang masuk ke dalam lambung serta membantu kerja sistem pencernaan yang lebih stabil. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa kenyang dan puas setelah makan dengan lebih lama sebelum memasuki waktu makan lagi setelahnya.

Karena serat membuat Anda merasa kenyang dengan lebih cepat, maka akan ada penurunan nafsu makan juga yang menyebabkan konsumsi makan menjadi lebih sedikit. Dengan begitu, diet tinggi serat sangat membantu untuk menurunkan berat badan tanpa membuat tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari.

Tubuh kita juga memiliki 100 triliun bakteri yang hidup di usus, terutama di bagian usus besar. Bakteri ini sering disebut dengan flora usus atau mikrobioma usus. Beda spesies bakteri, beda pula peran pentingnya di dalam aspek kesehatan, termasuk di dalamnya kontrol gula darah, fungsi otak, dan juga manajemen berat badan.

Bakteri merupakan organisme yang hidup dan butuh makan agar tetap sehat. Di sinilah peran serat berada, di mana serat larut tidak berubah ketika melewati sistem pencernaan, dan pada akhirnya mencapai ke bakteri baik di dalam usus. Serat kemudian dicerna oleh bakteri baik dan mengubahnya menjadi energi yang bisa digunakan.

Serat yang bermanfaat bagi bakteri usus dikenal dengan nama serat prebiotik, atau serat serat pangan sebagai bahan makanan mikrobiota dalam tubuh kita. Serat ini dianggap sangat bermanfaat untuk kesehatan dan berat badan, sehingga dengan banyak mengonsumsi serat, Anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih maksimal.

Selain itu, serat juga dipercaya dapat menekan nafsu makan. Namun, hanya beberapa jenis serat tertentu yang benar-benar bisa memberikan efek seperti ini pada tubuh.

Itulah tadi penjelasan bagaimana serat bisa menurunkan berat badan. Anda bisa mengaplikasikan pola diet tinggi serat jika ingin menurunkan berat badan tanpa kekurangan nutrisi dan vitamin di dalam tubuh.

Supaya kebutuhan seratnya lebih terpenuhi dengan maksimal, Anda bisa mengonsumsi Nutrive FiberShot sebanyak dua kali sehari setelah makan. Kandungan 16 sari buah sayur yang terdapat dalam Nutrive FiberShot baik untuk memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Nutrive FiberShot juga mengandung Inulin dari Chicory dan Polidextrosa yang berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi dengan baik.

Penuhi asupan diet tinggi serat dengan Nutrive FiberShot untuk hasil menurunkan berat badan yang lebih maksimal lagi. Maka dari itu, ada baiknya anda konsumsi Nutrive FiberShot tiap hari agar tubuh kamu semakin sehat dan kebutuhan serat kamu tercukupi.

05 October 2022 - 83 views 3 min to read

Share: