Apakah Orang Kurus Bisa Terkena Kolesterol? Begini Penjelasannya

Apakah Orang Kurus Bisa Terkena Kolesterol? Begini Penjelasannya

Kolesterol adalah kandungan yang wajib ada di dalam tubuh seseorang dengan takaran yang normal. Dikutip dari Medical News Today, salah satu laman kesehatan dari Inggris, kadar kolesterol yang normal untuk tubuh yakni berada di bawah 200 miligram untuk orang dewasa.

Jika kadar kolesterol seseorang sudah mencapai angka 240 miligram, maka bisa dinilai jika orang tersebut memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Nah, penderita kolesterol tinggi sendiri bisa dialami banyak orang, lho. Kalau begitu, apakah orang kurus bisa terkena kolesterol? Ataukah hanya orang yang berisi saja yang bisa terkena kolesterol? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

Jadi, Apakah Orang Kurus Bisa Terkena Kolesterol?

Saat ini, banyak sekali kesalahpahaman mengenai penderita kolesterol yang disebut hanya diderita oleh orang bertubuh gemuk saja. Nyatanya, hal itu tidak benar, lho. Kandungan kolesterol yang tinggi tidak hanya diderita oleh orang dengan ukuran tubuh tertentu saja. Lalu, apakah orang kurus bisa terkena kolesterol? Jawabannya, tentu bisa.  Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan adanya beberapa penyebab kolesterol pada orang kurus. 

Penyebab Kolesterol Pada Orang Kurus

Menurut Care Plus Vietnam, salah satu laman klinik kesehatan dari Vietnam, beberapa penyebab kolesterol pada orang kurus terjadi karena pola hidup yang tidak sehat serta turunan keluarga. Berikut penjelasannya.

  • Diet yang tidak sehat

Kamu memiliki pola diet yang tidak sehat? Hal tersebut bisa menjadi penyebab utama orang kurus bisa terkena kolesterol, lho. Beberapa contoh diet yang tidak sehat ini terdiri dari mengonsumsi daging yang tidak berlemak (jeroan, daging sapi) tetapi jarang mengonsumsi sayur-sayuran rebus. 

Lalu, ada juga pola diet yang hanya mengonsumsi karbohidrat saat sarapan seperti ubi. Namun, konsumsi ubi tersebut dibarengi dengan minum susu atau teh. Nah, jenis diet tersebut justru terbilang tidak sehat karena adanya gula yang berlebih.

Maka dari itu, untuk membentuk kebiasaan diet yang sehat, kamu bisa coba mengkonsultasikannya kepada dokter, ya.

  • Tubuh kurang aktif

Penyebab orang kurus bisa terkena kolesterol juga bisa karena tubuhnya yang kurang aktif bergerak atau beraktivitas. Jika tubuh kurang beraktivitas, maka lemak pun tidak bisa terbakar. Akibatnya, lemak hanya tersimpan dan meningkatkan adanya lemak darah di dalam tubuh.

  • Massa otot atau lemak

Sebenarnya, massa otot atau lemak lebih dibutuhkan tubuh dari massa atau berat badan total secara keseluruhan, lho. Nah, kebanyakan orang yang bertubuh kurus memiliki otot yang sedikit atau kecil. Akibatnya, area pinggang biasanya dipenuhi lemak dan otot perut menjadi kendur.

  • Riwayat keluarga

Tidak menutup kemungkinan juga, orang kurus bisa terkena kolesterol karena adanya riwayat keluarga secara turun-temurun. Jika kamu memiliki orang tua atau saudara kandung sebagai penderita kolesterol, kamu bisa lebih menjaga diri sebab kemungkinan untuk terdampaknya pun semakin besar.

Makanan yang Wajib Dikonsumsi Untuk Mengatasi Kolesterol

Nah, supaya bisa mengatasi kolesterol yang tinggi, ada berbagai cara yang harus diikuti. Salah satunya yaitu mengubah pola hidup dari segi makanan yang dikonsumsi. 

Menurut Web MD, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, cobalah mengonsumsi beberapa makanan berikut ini untuk untuk mengatasi kolesterol yang tinggi:

  • Serat

Orang kurus bisa terkena kolesterol dikarenakan pola dietnya yang tidak efektif. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Sebab, serat mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi makanan serat larut seperti kacang-kacangan atau serat tidak larut seperti sayura, buah-buahan, hingga biji-bijian. 

  • Omega 3

Pada umumnya, kandungan omega 3 bisa meminimalisir adanya pembentukan gumpalan darah, lho. Nah, maka dari itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon, kacang-kacangan, hingga minyak yang mengandung omega 3.

  • Kedelai

Tidak kalah penting untuk dikonsumsi, 25 gram protein kedelai setiap harinya juga bisa mengatasi kolesterol yang tinggi. Sebab, kedelai mampu mengurangi produksi kolesterol di hati serta menghilangkan adanya jejak kolesterol jahat (LDL).

  • Stanol dan sterol

Selain serat, kandungan stanol dan sterol (senyawa kimia di dalam tanaman) juga penting untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Nah, salah satu produk yang mengandung kandungan stanol adalah Nutrive Benecol. 

Yap! Nutrive Benecol sendiri sudah teruji Plant Stanol Ester sehingga sudah terbukti mengurangi kadar kolesterol di tubuh sebanyak 7-10% dengan cara mengonsumsinya 2 kali sehari setelah makan. 

Jadi, selain mengonsumsi makanan yang disarankan di atas, kamu juga bisa menyeimbanginya dengan Nutrive Benecol, lho. Apalagi dengan kandungannya yang tidak memiliki gula pasir, kamu bisa lebih bebas meminum Nutrive Benecol setiap hari. 

 

Referensi:

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315900.

Web MD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/features/the-skinny-on-cholesterol

Care Plus Vietnam. https://careplusvn.com/en/what-causes-high-cholesterol-in-thin-people.

03 August 2022 - 3 views 3 min to read

Share: