Apa Yang Dimaksud Dietary Fiber dan Juga Manfaat-manfaatnya

Apa Yang Dimaksud Dietary Fiber dan Juga Manfaat-manfaatnya

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Dietary Fiber atau yang sering disebut dalam bahasa Indonesia adalah serat pangan, merupakan salah satu jenis serat yang sering kita temukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari - hari. Dietary fiber dapat kita temukan dalam makanan yang umum kita jumpai seperti sayur - mayur, buah - buahan dan kacang - kacangan.

Dietary fiber sendiri memiliki sebuah properti unik dimana ia merupakan suatu jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh usus halus dalam tubuh manusia. Hal ini bertolak belakang dengan jenis karbohidrat lain seperti nasi yang bisa dicacah oleh sistem pencernaan kita untuk dijadikan gula yang akan diserap oleh usus tubuh.

Jenis serat pangan ini sebenarnya dibagi menjadi dua, yang pertama adalah serat tidak larut atau insoluble fiber yang berfungsi sebagai salah satu faktor yang bisa menambah volume feses sehingga membuat kesehatan pencernaan dan membuat anda bisa buang air besar secara teratur. Serat yang satu ini bisa didapatkan melalui makanan seperti misalnya roti gandum atau timun. 

Yang kedua adalah jenis serat larut air atau soluble fiber yang merupakan serat yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan bakteri probiotik untuk kesehatan usus, memperlambat terserapnya glukosa dalam darah dan membuat anda merasakan kenyang yang lebih lama saat setelah selesai makan, yang bisa didapatkan melalui makanan seperti wortel, alpukat atau oatmeal. 

Jika anda ingin mengetahui apa saja manfaat dari dietary fiber, simak manfaat - manfaat dietary fiber berikut ini

Manfaat - Manfaat Baik Dari Dietary Fiber Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung


Dietary fiber memiliki salah satu fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau Low Density Population dalam tubuh. Dengan kadar LDL yang rendah, nantinya kesehatan jantung akan semakin baik karena tidak terjadinya penumpukan pada pembuluh darah. Hal ini juga dapat membuat kita terhindar dari penyakit berbahaya lainnya seperti hipertensi dan stroke.

2. Mencegah Ambeien dan Sembelit


Salah satu tolak ukur kesehatan adalah sistem pencernaan yang baik. Dietary fiber sendiri dapat membantu menjaga pencernaan dalam tubuh agar tetap lancar dan sehat. Pencernaan yang lancar dapat membuat anda jauh dari penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan lainnya seperti sembelit dan ambeien.

3. Menurunkan Resiko Diabetes Dan Obesitas


Dietary fiber dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi tubuh. Sehingga hal ini dapat mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan atau over-eating. Over-eating sendiri jika terus - menerus dilakukan maka dapat menyebabkan berat badan naik dan bisa memicu terjadinya diabetes melitus tipe 2 karena kadar gula yang meningkat tinggi.

 

Itu tadi merupakan penjelasan dan manfaat - manfaat yang bisa didapatkan dari dietary fiber. Setelah kita mengetahui tentang dietary fiber dan manfaat nya yang baik bagi kesehatan tubuh. jangan lupa pastikan asupan serat harian anda terpenuhi dengan baik agar anda dapat selalu sehat setiap hari.

Jika anda ingin memastikan kebutuhan asupan serat harian anda tercukupi dengan baik, anda bisa penuhinya dengan minum Nutrive FiberShot.. kandungan 16 sari buah sayur baik untuk memelihara saluran pencernaan, terhindar dari sembelit, membuat BAB menjadi teratur. Memiliki Inulin dari Chicory dan Polidextrosa yang terkandung dalam Nutrive FiberShot. Berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan nutrisi yang masuk dapat diserap dengan maksimal. Cukup dengan konsumsi 2 botol Nutrive FiberShot per hari untuk bantu penuhi kebutuhan serat harian Anda.

21 March 2022 - 56 views 2 min to read

Share: