Apa Akibat Kurang Makan Sayur yang Akan Dirasakan oleh Tubuh?

Apa Akibat Kurang Makan Sayur yang Akan Dirasakan oleh Tubuh?

Sejak kecil, kita sudah dibiasakan untuk mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Dua komponen ini rasanya sangat penting dan selalu menjadi bagian yang selalu ada di atas piring ketika kita hendak makan, terutama sayur-sayuran.

Tidak hanya sewaktu masih kecil saja, tetapi sampai sekarang pun kita masih terus disuguhkan oleh sayur-sayuran. Misalnya dimakan langsung secara mentah sebagai lalapan, atau diolah menjadi sayur, tumisan, atau komponen pendukung di makanan lain seperti burger dan roti lapis.

Memangnya sepenting apa sih memakan sayuran untuk tubuh? Melansir dari Medical News Today, makan sayur-sayuran penting dilakukan setiap hari karena sayur memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, nutrisi penting lainnya untuk tubuh, termasuk di dalamnya antioksidan dan serat.

Penelitian juga secara konsisten menunjukkan bahwa orang yang makan setidaknya lima porsi sayuran sehari-hari, memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Lalu, seperti apa kira-kira yang bisa terjadi pada tubuh kita akibat kurang makan sayur? Kita lihat penjelasannya berikut ini, yuk!

Akibat Kurang Makan Sayur

  • Mood yang Kurang Baik (Moody)

Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh kita. Jika Anda tidak makan cukup sayuran, maka kemungkinan besar hal ini akan membuat Anda merasakan kelelahan, kehilangan ingatan, dan perubahan suasana hati secara signifikan.

Mengapa hal ini terjadi? Menurut Harvard Health, ketika tubuh dipenuhi dengan nutrisi dan vitamin yang cukup, "bahan bakar" itu dapat meningkatkan fungsi otak, yang secara langsung terhubung dengan suasana hati Anda.

Satu studi yang diterbitkan oleh jurnal Psychiatry Research juga membuat korelasi antara pola diet dan risiko depresi, khususnya ketika seseorang melakukan diet tapi tidak diimbangi dengan asupan buah dan sayuran yang cukup.

  • Kesulitan untuk Merasa Kenyang

Akibat kurang makan sayur juga akan mempengaruhi kebutuhan serat yang ada di dalam tubuh Anda. Selain serat, sayuran juga mengandung karbohidrat kompleks. Kedua nutrisi ini penting agar tubuh bisa merasa kenyang lebih lama.

Jika Anda kurang makan sayur, perasaan lapar yang terus dirasakan meskipun sudah makan bisa berasal dari lonjakan dan penurunan gula darah yang cepat, yang dapat terjadi jika diet Anda rendah serat. Serat dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil, serat juga akan membuat Anda merasa kenyang dan puas setelah makan.

Selain dengan makan sayur, Anda bisa memenuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi Nutrive FiberShot yang dilengkapi dengan 16 kandungan sari buah sayur yang selain bisa memenuhi serat, juga bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

  • Buang Air Kurang Lancar

Tidak hanya bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama setelah makan, yang nantinya akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan, tetapi serat dan nutrisi yang terkandung di dalam sayuran juga akan membantu proses pencernaan Anda menjadi lebih lancar.

Dengan jumlah serat larut dan tidak larut yang sehat di dalam makanan yang Anda konsumsi, akan membantu sistem pencernaan untuk bisa bekerja dengan lebih maksimal, sehingga Anda bisa buang air secara teratur. Tetapi sebaliknya, jika Anda tidak makan cukup sayuran, tubuh mungkin tidak mendapatkan cukup serat yang mengakibatkan Anda sulit untuk buang air secara normal.

  • Kekurangan Nutrisi

Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran kaya akan nutrisi dan multivitamin yang sulit didapat di tempat lain seperti vitamin A, C, E, magnesium, seng, fosfor, asam folat, dan masih banyak lagi. 

Ketika Anda tidak makan cukup sayuran (dan buah-buahan), tubuh Anda bisa mengalami yang namanya kekurangan nutrisi yang akan menyebabkan tubuh terasa kurang fit untuk menjalani aktivitas setiap harinya.

  • Berat Badan Menjadi Susah Dikontrol

Akibat kurang makan sayur juga bisa membuat berat badan menjadi lebih susah dikontrol, karena Anda akan cenderung memakan makanan dengan kandungan lemak serta kepadatan kalori yang lebih tinggi.

Ada sebuah studi yang dipimpin oleh para peneliti di Albert Einstein College of Medicine yang menunjukkan bahwa orang-orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas di Amerika Serikat. makan lebih sedikit porsi buah dan sayuran daripada mereka dengan dengan berat badan normal.

Sayuran bersifat rendah kalori, maka dari itu dengan rutin mengonsumsi sayuran bisa membantu Anda merasa kenyang dan puas dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Referensi:

Surprising Side Effects of Not Eating Enough Vegetables, Says Science, Eat This. https://www.eatthis.com/side-effects-not-eating-enough-vegetables/

8 Things That Happen to Your Body When You Don’t Eat Enough Fruits and Veggies, Best Health. https://www.besthealthmag.ca/list/not-enough-fruits-and-veggies/#:~:text=Without%20fruits%20and%20veggies%2C%20you,transit%20time%2C%E2%80%9D%20Moore%20explains.

 

06 September 2022 - 315 views 3 min to read

Share: