Agar Membaik, Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Ambeien

Agar Membaik, Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Ambeien

Ambeien atau yang sering juga dikenal dengan wasir adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami banyak orang. Menurut Mayo Clinic, salah satu pusat medis yang ada di Amerika Serikat, ambeien adalah pembengkakkan pembuluh darah di bagian anus dan area bawah dari rektum (bagian usus besar). 

Untuk mengatasinya, anda bisa menjaga pola makan yang baik. Yap! Tentunya, ada makanan yang harus dihindari saat ambeien. Hal ini perlu dilakukan karena ambeien termasuk ke penyakit yang bisa berkembang terus. 

Penyebabnya pun cukup beragam, lho. Mulai dari kurangnya asupan makanan yang mengandung serat, duduk di toilet terlalu lama, hingga jangka waktu mengangkat beban yang terlalu berat.

Dampak jangka panjangnya, seseorang yang menderita ambeien bisa mengarah ke trombosis atau penggumpalan pembuluh darah, hingga anemia. 

Nah, supaya terhindar dari dampak jangka panjangnya, cari tahu makanan yang harus dihindari saat ambeien, yuk! Umumnya, makanan yang harus dihindari saat ambeien ini tidak mengandung serat yang banyak di dalamnya. Berikut daftarnya:

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Ambeien

  • Daging

Usahakan untuk tidak memakan daging. Menurut Healthline, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, daging menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat ambeien karena waktu yang dibutuhkan untuk mencernanya terbilang cukup lama.

Jika makanan tersebut lama dicerna oleh tubuh, maka besar pula kemungkinan untuk sembelit. Sebab, daging dikenal dengan makanan yang rendah serat dan meningkatkan risiko seseorang untuk sembelit.

  • Susu dan Produk Olahannya Seperti Keju

Produk olahan susu seperti keju juga termasuk ke makanan yang harus dihindari saat ambeien. Keju memang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalsium, hingga vitamin A. Namun, keju tidak mengandung serat yang bisa memperbaiki ambeien.

Jika mengonsumsi keju, dikhawatirkan sembelit akan semakin parah sehingga memicu ambeien. Jadi, usahakan untuk menghindari olahan susu, ya.

  • Makanan Cepat Saji

Zaman sekarang, makanan cepat saji memang terbilang lezat dan praktis untuk dinikmati. Namun, makanan cepat saji juga menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat ambeien juga, lho.

Penyebabnya pun mirip dengan jenis makanan lainnya, yakni sulit untuk dicerna tubuh. Umumnya, makanan cepat saji memang sulit melalui saluran pencernaan karena kandungannya yang kebanyakan terdiri dari kalori, garam, lemak, dan juga gula.

  • Tepung putih

Tepung putih juga menjadi musuh utama dari penyakit ambeien. Mungkin tepung dikenal memiliki serat di dalamnya, namun pengolahan tepung putih membuat serat menjadi berkurang kandungannya. 

Tidak hanya menghindari tepung putih saja, tetapi olahan tepung putih pun menjadi makanan yang harus dihindari saat ambeien. Olahannya tersebut berupa roti bagel, pasta, atau roti.

  • Makanan Asin

Selain makanan tertentu, makanan dengan rasa asin juga tercatat sebagai makanan yang harus dihindari saat ambeien. Pasalnya, makanan asin bisa membuat perut menjadi kembung atau bergantung pada air. Akibatnya, pembuluh darah menjadi tertekan terus sehingga ambeien pun akan semakin sensitif untuk jangka waktu kedepannya.

Jadi, agar ambeien bisa membaik, anda diharapkan menghindari makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, ya. Selain merubah pola makan, ubah juga kebiasaan agar tidak duduk dalam jangka waktu yang terlalu lama. 

Nah, salah satu cara mengatasi ambeien ini tentunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Sebab, makanan berserat bisa membantu mengatasi ambeien secara alami dan aman. 

Anda bisa mulai rutin mengonsumsi Nutrive Fiber Shot juga, lho! Mengandung 16 sari buah dan sayur, serat yang terkandung di dalam sebotol Nutrive Fiber Shot bisa mencapai 5 gram. Jika rutin dikonsumsi, tentunya kebutuhan serat anda akan selalu terpenuhi. Yuk, beli Nutrive Fiber Shot di sini!

 

Referensi:

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268.

Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/best-worst-foods-hemorrhoids.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/food-for-piles#Foods-to-avoid.



05 July 2022 - 177 views 3 min to read

Share: