9 Minuman Yang Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi, Enak Loh!

9 Minuman Yang Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi, Enak Loh!

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Berbagai bahan-bahan pangan yang menyehatkan bisa disulap menjadi minuman yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain memberikan dampak yang menyehatkan bagi tubuh, beberapa minuman di bawah ini juga memiliki rasa yang enak dan dapat memberikan kesegaran sebelum memulai aktivitas. Menurut situs Mayoclinic, kadar LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat harus dijaga kurang dari 110 mg/dl dan kadar HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik lebih dari 40 mg/dl.

Dengan mengkonsumsi minuman di bawah ini, kadar HDL, LDL, dan kolesterol total di dalam tubuh anda bisa terjaga dan tetap berada di angka normal. Maka itu anda harus simak 9 minuman yang efektif dalam menurunkan kolesterol menurut situs Medical News Today di bawah ini!

Minuman Penurun Kolesterol

1. Teh Hijau

Teh hijau banyak mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan kolesterol total. Bagi anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi teh hijau, kebiasaan ini dapat menjaga tubuh anda terhindar dari dampak kelebihan kolesterol yang sangat merugikan. Selain teh hijau, teh hitam juga dapat memberikan manfaat yang sama namun dengan tingkat yang lebih rendah akibat jumlah katekin yang berbeda.

 

2. Smoothie Berry

Buah berry terkenal dengan tingginya kadar antioksidan dan serat yang memiliki peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, buah berry juga rendah kalori dan lemak untuk membantu pola diet yang sedang anda jalankan. Anda bisa memilih berbagai macam buah berry seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan raspberi untuk dicampurkan dengan susu rendah lemak atau yogurt. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, smoothie berry dapat memberikan kesegaran dan kesehatan untuk tubuh anda.

 

3. Smoothie Susu Nabati

Selain smoothie berry, anda juga bisa membuat smoothie dengan menggunakan susu nabati seperti susu kedelai, susu almond, susu beras, dan susu lainnya yang tidak berasal dari bahan hewani. Untuk menambahkan aroma dan rasa, anda bisa menambahkan buah-buahan seperti pisang, anggur, plum, mangga, dan sebagainya. Sehingga anda tidak akan bosan ketika mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.

 

4. Jus Delima

Jus delima memiliki kandungan antioksidan dengan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jus buah lainnya. Seperti yang kita tahu, antioksidan dapat berperan penting dalam melindungi jantung termasuk mengurangi kadar LDL. Pastikan anda mengkonsumsi jus delima murni dan tidak mengandung tambahan gula, karena gula dapat menambah kalori yang tidak baik bagi kesehatan.

 

5. Jus Tomat

Tidak banyak orang yang menyukai tomat karena rasanya dan aromanya. Padahal tomat kaya akan senyawa likopen untuk meningkatkan kadar lipid dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, jus tomat juga kaya akan serat penurun kolesterol dan niasin. Sebuah studi menemukan bahwa 25 wanita yang mengkonsumsi 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol darah.

 

6. Minuman Oat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa oat dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan beta-glukan yang terdapat didalamnya dapat membentuk zat seperti gel di usus untuk berinteraksi dengan garam empedu dan dapat mengurangi penyerapan kolesterol. Dengan mengkonsumsi 3 gram beta-glukan per hari, LDL atau kolesterol jahat dapat berkurang hingga 7%. Namun sebuah tinjauan menemukan bahwa minuman oat mungkin akan menawarkan pengurangan kolesterol yang lebih konsisten dibanding produk oat semi-padat dan padat.

 

7. Susu Kedelai

Mengkonsumsi susu memang sangatlah baik, namun terlalu banyak mengkonsumsi susu berlemak tinggi dapat membawa dampak buruk. Apabila anda sering mengkonsumsi susu dalam jumlah yang besar, ada baiknya jika anda menggantinya dengan susu kedelai yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengkonsumsi 25 gram protein kedelai untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

 

8. Minuman Kakao

Sebagai salah satu bahan utama dari dark chocolate, kakao mengandung antioksidan yang disebut flavanol untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik. Sebuah studi menemukan bahwa mengkonsumsi 450 mg minuman dengan kandungan flavanol kakao dua kali sehari selama satu bulan dapat menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Selain itu, kakao juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi untuk membantu menjaga kadar kolesterol.

 

9. Minuman Dengan Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol adalah senyawa kimia tanaman dengan bentuk dan ukuran yang mirip dengan kolesterol untuk menghambat penyerapan kolesterol. Sebetulnya sterol dan stanol dapat ditemukan pada sayuran dan kacang-kacangan, namun jumlahnya sangat rendah sehingga tidak dapat menurunkan kolesterol. Beberapa perusahaan menambahkan senyawa kimia ini ke beberapa produk makanan dan minuman seperti yogurt, susu, dan jus buah. Untuk itu FDA menyarankan untuk mengkonsumsi 1,3 gram lebih sterol dan 3,4 gram stanol setiap hari.

Minuman dengan kandungan stanol juga bisa anda dapatkan dari Nutrive Benecol yang dapat membantu menurunkan kolesterol hingga 10% dalam 2-3 minggu. Tentunya Nutrive Benecol aman untuk penderita diabetes karena tanpa penambah gula pasir dan Low GI. Untuk itu selalu sedia Nutrive Benecol dan mengkonsumsinya dua kali setelah makan untuk menjaga kolesterol tetap normal. Dengan varian 4 rasa buah yang menyegarkan, dijamin Nutrive Benecol bisa memberikan cara enak untuk turunkan kolesterol!

Referensi:


https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-is-the-best-drink-to-lower-cholesterol#best-drinks
https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/know-your-numbers-cholesterol

 

12 November 2021 - 103 views 3 min to read

Share: