9 Ciri-Ciri Kolesterol Kamu Mulai Tinggi Dan Cara Mencegahnya

9 Ciri-Ciri Kolesterol Kamu Mulai Tinggi Dan Cara Mencegahnya

Banyak yang belum tau bahwa kelebihan kolesterol dapat dengan mudah menyerang tubuh. Memang kolesterol tidak selamanya buruk apabila masih berada di batas normal, faktanya 75% kolesterol diproduksi oleh organ hati, dan 25% didapat dari asupan makanan. Dilansir dari situs MedlinePlus, asupan yang biasa anda makan seperti beberapa daging, produk susu, cokelat, dan gorengan mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh.. Apalagi banyak sekali jenis makanan di Indonesia dengan kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. 

Jangan sampai karena kolesterol tinggi memiliki ciri-ciri yang mudah dideteksi. Kadar kolesterol normal yaitu jika jumlah HDL lebih dari 60mg/dL, trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan LDL kurang dari 100 mg/dL. Untuk itu kamu harus mencegahnya dengan mengetahui ciri-cirinya di bawah ini!


Ciri- ciri Kolesterol Tubuh Mulai Tinggi

1. Nyeri Tengkuk

Pada bagian tengkuk terdapat pembuluh darah sebagai jalur untuk mengalirkan darah ke otak. Penumpukan lemak yang terjadi di pembuluh darah membuat peredaran darah menjadi tidak lancar, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan plak. Ketidaklancaran tersebut membuat bagian tengkuk menjadi nyeri akibat penyempitan pembuluh darah. Hal ini jangan sampai dibiarkan karena akan menyebabkan penyakit stroke yang sangat fatal.

2. Nyeri Dada

Selain pada bagian tengkuk, pembuluh darah juga terdapat di bagian dada sebagai jalur untuk mengalirkan darah ke jantung. Seperti yang kita tau, jantung adalah organ tubuh penting yang berperan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila aliran darah tidak bisa kembali lagi ke jantung dengan lancar, suplai makanan ke otot jantung juga akan terhambat. Risiko terburuk yang bisa terjadi yaitu serangan jantung tiba-tiba yang membuat jantung berhenti berdetak.

3. Mudah Lelah dan Mengantuk

Aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh sangat berpengaruh terhadap kebugaran tubuh. Apabila terhambat, kebugaran tubuh sudah dipastikan menurun sehingga menjadi penyebab utama kelelahan. Kurangnya suplai oksigen ke otak juga dapat menyebabkan mudah mengantuk dan kurang fokus. Sangat disayangkan apabila semua aktivitas kamu menjadi terhambat karena mudah kelelahan dan mudah mengantuk.

4. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan juga dapat menjadi ciri-ciri ketika kadar kolesterol terlampau tinggi, seperti merasa kembung dan mual. Kelebihan kolesterol yang ada di dalam tubuh dapat memicu pembentukan kristal dan batu di kantong empedu, sehingga juga dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada bagian perut. Apalagi kantong empedu memiliki peran penting untuk membantu tubuh memecah makanan dan menyerap nutrisi.

5. Kram dan Kesemutan

Pasti kamu pernah merasakan kram atau kesemutan ketika tidur, mungkin disebabkan oleh bagian tubuh yang tertindih cukup lama dan menyebabkan aliran darah terganggu. Namun jika kamu sering merasakan kram dan kesemutan tanpa penyebab tersebut, bisa jadi itu merupakan ciri-ciri kadar kolesterol sedang tinggi. Kurang lancarnya aliran darah pada pembuluh darah akan membuat kamu merasakan kram dan kesemutan yang cukup mengganggu.

6. Munculnya Xanthelasma

Tidak hanya di bagian dalam tubuh, tingginya kadar kolesterol juga bisa terlihat di bagian luar tubuh. Jika kamu belum pernah mendengar Xanthelasma, kondisi ini membuat penderitanya mengalami kemunculan plak berwarna kuning yang muncul di sudut mata bagian dalam. Plak ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol di bawah kulit dan akan muncul di bagian kelopak mata atas maupun bawah.

7. Luka Sulit Sembuh

Kondisi ini memang cukup mirip dengan penderita diabetes, namun jangan sampai diremehkan. Luka yang sulit sembuh juga bisa menjadi ciri-ciri kadar kolesterol sedang tidak pada batas yang normal. Penurunan sirkulasi darah yang diakibatkan oleh plak di pembuluh darah dapat membuat penyembuhan pada luka menjadi terganggu. Segera periksa ke dokter apabila kamu mengalaminya, karena kondisi ini juga memungkinkan kamu terkena diabetes.

8. Perubahan Warna Kuku

Perubahan warna tidak hanya terjadi pada kelopak mata, bagian kuku juga bisa menjadi sasaran dari jahatnya kadar kolesterol yang sedang tinggi. Bintik hitam atau coklat kemerahan yang timbul pada kuku kamu mungkin saja mencerminkan kadar kolesterol di dalam tubuh sedang tidak normal. Kondisi ini ditimbulkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil di bawah kuku akibat kolesterol.

9. Impotensi

Jangan kaget, kolesterol juga dapat menyumbat pembuluh darah pada penis yang dapat menyebabkan impotensi. Proses ereksi pada penis disebabkan oleh darah yang mengisi sehingga membuatnya menjadi keras. Jika aliran darah terhambat, maka bisa membuat penis menjadi sulit ereksi atau disfungsi ereksi. Namun tidak usah khawatir, kondisi ini masih bisa disembuhkan apabila kamu menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya agar tetap pada batas normal.

Pastikan kamu sudah mempelajari ciri-ciri yang sudah dipaparkan di atas, karena kita tidak bisa memprediksi kapan penyakit akan menyerang. Memang salah satu ciri-ciri di atas tidak bisa dijadikan diagnosis bahwa kamu mengalami kolesterol tinggi, namun kamu harus tetap memeriksakannya ke dokter jika mengalami salah satu dari ciri-cirinya. Untuk itu kamu harus melakukan langkah pencegahan seperti di bawah ini, supaya kadar kolesterol dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik untuk menghindari penyakit!

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

  •  Berolahraga Rutin

Seperti yang kita tau berolahraga secara rutin adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit, karena kebugaran tubuh sangat berpengaruh pada metabolisme dan sirkulasi darah dalam tubuh. Lemak jahat penyebab kolesterol tinggi juga akan terbakar bersamaan dengan keringat yang keluar dari tubuh. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, cukup lakukan secara rutin untuk menjaga berat badan tetap ideal.

  • Menjaga Pola Makan

Konsumsi makanan yang tinggi akan kolesterol tentunya akan meningkatkan kolesterol tubuh kamu. Untuk itu hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti yang ada pada makanan cepat saji. Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan, dada ayam rebus, susu rendah lemak, dan sayuran hijau, karena lemak sehat malah dibutuhkan tubuh untuk memasok energi.

  • Mengonsumsi Plant Stanol Ester

Setelah menjaga pola makan dan berolahraga, kamu juga bisa menurunkan penyerapan kadar. kolesterol yang masuk dari makanan yang kamu makan dengan mengonsumsi Nutrive Benecol, minuman smoothies rasa buah dengan kandungan plant stanol ester yang telah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol 7-10% jika dikonsumsi rutin selama 2-3 minggu.

Nutrive Benecol bisa didapatkan dengan mudah di minimarket, supermaket. hadir dengan 4 varian rasa enak yaitu blackcurrant, strawberry, lychee, dan orange. Nutrive Benecol, cara enak  turunkan kolesterol.

Yuk jaga kolesterolmu, jangan sampai di usia muda kamu mempunyai kolesterol tinggi. Untuk kamu yang mempunyai kadar kolesterol normal kamu bisa mengonsumsi Nutrive Benecol untuk pencegahan. jangan lupa untuk jaga pola makan, hindari stress, minuman alkohol, merokok, dan perbanyak olahraga ya.

Referensi:
Medline (medlineplus.gov/cholesterol.html#cat_92)
Healthline (healthline.com/health/high-cholesterol-symptoms#heart-attack)
Mayo Clinic (mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800)

 

09 September 2021 - 296 views 4 min to read

Share: