9 Cemilan Untuk Penderita Kolesterol, Sehat & Mengenyangkan

9 Cemilan Untuk Penderita Kolesterol, Sehat & Mengenyangkan

Penderita kolesterol dikenal tidak boleh memakan makanan atau cemilan yang sembarangan. Maka dari itu, seseorang yang memiliki kolesterol tinggi diharapkan untuk menjaga pola makan. Bukan artinya tidak bisa memakan cemilan layaknya orang biasa. Namun, cemilan untuk penderita kolesterol pun tidak bisa sembarangan.

Hal ini disebabkan karena banyaknya jenis makanan yang bisa membuat kadar kolesterol jahat semakin meningkat. Oleh sebab itu, memilih cemilan untuk penderita kolesterol terbilang harus teliti. 

Lalu, cemilan seperti apa saja yang bisa dinikmati penderita kolesterol? Cari tahu semuanya di sini, yuk!

Apa itu kolesterol?

Kolesterol mungkin terkenal akrab dengan gorengan. Hal itu memang benar adanya. Sebab, menurut informasi dari Mayo Clinic, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, kolesterol adalah zat lilin yang terdapat di dalam darah seseorang.

Pada dasarnya, kolesterol memang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel sehat. Tapi, jika ditemukan kadar kolesterol di tubuh yang terlalu tinggi, dampaknya pun bisa ke penyakit jantung.

Mengapa demikian? Sebab, lemak akan tertimbun di bagian pembuluh darah. Lemak yang mengendap tersebut akan berkembang secara terus-menerus sehingga darah sulit mengalir melalui arteri tubuh. 

Bagaimana kolesterol bisa mengarah ke penyakit jantung? Timbunan lemak tersebut akan pecah sewaktu-waktu sehingga muncullah gumpalan yang membawa dampak ke serangan jantung hingga struk.

Untungnya, kolesterol tinggi bisa dikendalikan dengan mudah, lho. Caranya melalui pola gaya hidup yang sehat dan teratur mulai dari rutin olahraga, minum obat, hingga pemilihan makanan. Maka dari itu, tidak heran jika cemilan untuk penderita kolesterol terbilang cukup sehat. 

Cemilan untuk penderita kolesterol

Salah satu tips utama agar bisa tepat memilih cemilan untuk penderita kolesterol adalah hindari makanan dengan kandungan minyak. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tertumpuknya minyak di pembuluh darah bisa meningkatkan kadar kolesterol. 

Maka dari itu, pilihlah makanan yang bebas dari minyak. Berikut ini beberapa rekomendasi cemilan untuk penderita kolesterol.

  • Oatmeal

Sehat dan mengenyangkan, oatmeal bisa menjadi pilihan pertama jika anda mencari cemilan untuk penderita kolesterol. Menurut Everyday Health, oatmeal memiliki kandungan serat larut di dalamnya sehingga memperlancar proses pencernaan. Selain itu, kandungan serat larut juga bisa menghindari adanya serapan ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu, serat yang ada pada oatmeal akan langsung terhubung ke asam empedu untuk proses ekskresi (pembuangan zat sisa metabolisme tubuh). Dari situ, empedu akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

  • Buah-Buahan

Ingin cemilan yang manis? Buah adalah solusinya. Tidak hanya manis, buah yang menjadi cemilan untuk penderita kolesterol juga sangat menyegarkan saat dikonsumsi. Anda bisa coba mencari buah-buahan yang kaya akan kandungan serat seperti pektin.

Beberapa pilihan buah yang bisa dikonsumsi ialah apel, jeruk, anggur, hingga stroberi. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat, tekanan darah pun bisa terkontrol dengan baik.

  • Sup Kacang-Kacangan

Termasuk ke dalam makanan asin, cemilan untuk penderita kolesterol lainnya adalah sup kacang-kacangan. Meski terbilang cukup berat untuk dijadikan cemilan, namun kandungan dari kacang-kacangan tersebut sangat baik untuk jantung.

Namun, pastikan jika rasa asin dari supnya itu sedikit atau rendah sodium. Solusinya, anda bisa memasak sup kacang sendiri dari rumah agar takaran sodium yang dibutuhkan bisa dikurangi.

  • Roti Gandum

Gandum memang dikenal bagus menjadi cemilan untuk penderita kolesterol. Apalagi jika mengonsumsi roti gandum utuh, kandungan protein dan serat pun akan segera masuk ke dalam tubuh. 

Menurut wawancara Everyday Health dengan Kristi King, ahli diet senior dari Rumah Sakit Anak Texas yang berlokasi di Houston, roti gandum utuh mengandung 2 gram protein dan 2 gram serat. Agar rasanya lebih lezat, roti tersebut bisa ditambahkan keju di atasnya. Cukup sederhana dan menyehatkan, kan?

  • Sayuran dengan Hummus

Mungkin sayuran sudah terdengar tidak asing di telinga. Namun, apa itu hummus? Hummus adalah hidangan sayuran yang dijadikan sebagai saus. Contohnya adalah kacang putih atau buncis yang dihaluskan. Jadi, anda bisa mengonsumsi sayuran yang dicocol dengan hummus sebagai cemilan untuk penderita kolesterol.

Sayuran sangat bagus untuk penderita kolesterol karena kandungan mineral, vitamin, serat, serta rendah lemak. Nah, jenis sayuran yang boleh dikonsumsi pun cukup banyak. Intinya, semua sayuran yang berwarna bisa anda konsumsi. 

  • Popcorn

Cemilan untuk penderita kolesterol lainnya adalah popcorn. Selain terkenal di bioskop, popcorn juga mengandung serat yang baik untuk tubuh, lho. Hal itu disebabkan popcorn yang berasal dari biji-bijian. 

Namun, cara untuk mengonsumsinya pun tidak seperti yang ada di pasaran, ya. Cobalah untuk membuat popcorn sendiri dengan memasaknya tanpa minyak, mentega, dan garam. Alih-alih garam, kamu bisa menambahkan parutan keju di atasnya. 

  • Keripik Kentang Olahan Rumah

Untuk para penggemar keripik, keripik kentang juga bisa menjadi cemilan untuk penderita kolesterol, kok. Pada dasarnya, kentang memiliki banyak serat dan mineral di dalamnya. Nah, kandungan itulah yang mampu menjaga tekanan darah para penderita kolesterol. 

Tetapi, usahakan untuk mengonsumsi keripik kentang olahan rumah dengan cara dipanggang, ya. Lalu, bumbui dengan minyak zaitun dan rempah-rempah alami agar lebih sehat.

  • Kacang Edamame

Masih termasuk ke salah satu jenis kacang-kacangan, kacang edamame mengandung 8 gram serat yang cocok dikonsumsi sebagai cemilan untuk penderita kolesterol. Cara menghidangkannya pun tidak sulit. Cukup dengan dikukus, taburi sedikit garam kasar, lalu kacang siap dijadikan cemilan.

  • Salad Salmon

Terlalu bosan dengan salad sayur? Tidak kalah lezat dengan yang lainnya, hidangan salad salmon bisa menjadi pilihan cemilan untuk penderita kolesterol, lho! Menurut Healthline, salah satu situs kesehatan dari Amerika Serikat, salmon merupakan makanan yang kaya akan omega 3. 

Nah, hidangan salad salmon ini bisa dibuat sendiri di rumah. Anda bisa mencampurkan sekaleng salmon dengan mayones berbahan dasar sehat, lalu taburi seledri di atasnya. Cemilan salad salmon siap disajikan!

 

Itu dia referensi 9 hidangan cemilan untuk penderita kolesterol agar kadar kolesterol di tubuh bisa menurun. Selain merubah gaya hidup menjadi rutin olahraga dan makan makanan sehat, kolesterol tinggi di tubuh anda bisa dibantu melalui rutin konsumsi Nutrive Benecol, lho.

Sengaja dirancang untuk menurunkan kolesterol tinggi yang ada di tubuh, kandungan Nutrive Benecol terbilang sangat aman karena tidak ada tambahan gula pasir di dalamnya. Meskipun demikian, rasanya pun masih sangat lezat karena mengandung buah-buahan. 

Penasaran? Yuk, bantu tangkas kolesterol tinggi dengan konsumsi Nutrive Benecol

 

Referensi:

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800.

Medline Plus. https://medlineplus.gov/cholesterol.html.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/high-cholesterol/diet/the-best-snacks-for-lowering-cholesterol/.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/low-cholesterol-snacks#packaged.

05 July 2022 - 24 views 4 min to read

Share: