9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat, Alami dan Mudah

9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat, Alami dan Mudah

Hindari kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh kamu semenjak usia muda, dikarenakan kolesterol sendiri bisa disebut sebagai sumber dari berbagai macam penyakit. Kadar kolesterol sebaiknya diperiksa selama 5 tahun sekali setelah seseorang berusia 20 tahun. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi 200mg/dL, maka pengecekan kolesterol sebaiknya dilakukan setiap 3 bulan sampai kadar nya normal kembali.
Simak cara mencegah kadar kolesterol yang telah kami kumpulkan berikut ini :

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol


1. Hindari Makanan Berlemak

Makan berlemak merupakan salah satu pemicu dari kolesterol yang tinggi, Oleh karena itu anda harus mengurangi konsumsi makanan berlemak. Contoh makanan berlemak ialah gorengan, martabak, dan cepat saji dan masih banyak lagi. Sebagai ganti dari tidak mengkonsumsi makanan berlemak anda harus makan ikan, daging sapi (rendah lemak), ayam, sayuran, tempe & tahu, dan juga sayuran. Dengan mengurangi makanan berlemak kolesterol anda juga akan berkurang.

2. Konsumsi Sayuran dan Buah yang cukup

Mengonsumsi sayuran dan buah merupakan salah satu dari cara mudah untuk menurunkan kolesterol, dikarenakan buah dan sayuran kaya akan vitamin dan juga serat yang baik untuk melawan kolesterol jahat yang berada di dalam tubuh. Setidaknya kamu harus mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 400 hingga 600 gram sehari untuk bantu kurangi dan hindari kolesterol tinggi.

3. Kontrol Berat Badan 

Melakukan kontrol dalam berat badan juga salah satu faktor yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol, Kamu harus terapkan diet yang sehat seperti mengatur pola makan agar kolesterol cepat turun.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Makanan dengan serat larut ialah salah satu solusi untuk menurunkan kolesterol, Berikut ialah makanan serat larut yang mudah ditemukan: wortel, brokoli, oatmeal, kacang merah, apel, kacang hitam dan masih banyak yang lainnya. 

Serat larut membantu menurunkan kolesterol dengan cara mengikat lemak dan kolesterol di usus kecil sehingga akan mudah dikeluarkan dan tidak terserap ke dalam aliran darah.

5. Olahraga Teratur

Selain mengontrol asupan kolesterol dari makanan, anda juga perlu berolahraga secara teratur di setiap harinya, jika anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga di setiap hari, anda bisa berolahraga setidaknya sekitar 2 hingga 4 kali dalam satu minggu. Hal ini bisa membantu kolesterol jahat dalam tubuh kamu berkurang.

6. Tidur yang Cukup

Banyak peneliti mengatakan, terlalu banyak tidur atau kurang tidur dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah anda. Kurang tidur akan memicu meningkatkan kadar kolesterol jahat karena orang yang cenderung ngemil atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan lebih stres saat kurang tidur.

7. Konsumsi Makanan yang Kaya Omega-3

Makanan dengan omega-3 yang tinggi merupakan salah satu jenis makanan yang disarankan bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi. Dikarenakan, makanan yang kaya akan omega-3 dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan adalah ikan salmon, tuna, sarden, kacang kenari, biji chia dan masih banyak yang lainnya.

8. Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi mengandung gula yang berlebih akan berdampak pada asupan kalori yang berlebih. Kalori tersebut di dalam tubuh akan dikonversi menjadi kolesterol trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam darah.

Nasi juga termasuk yang juga mengandung gula loh! Oleh karena itu, batasi konsumsinya untuk mencegah peningkatan trigliserida dan kolesterol.

9. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat membawa efek yang sangat buruk bagi tubuh mulai dari paru-paru hingga jantung kamu loh. Selain dapat menurunkan kolesterol baik, kebiasaan merokok juga membuat pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.


Nah tadi sudah kita bahas 9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Cepat, Alami dan Mudah bagaimana? Mudah bukan untuk dilakukan, cukup dengan konsistensi yang tinggi dan ikuti cara yang sudah kami rekomendasikan agar kamu bisa menurunkan Kolesterol dengan cara alami. Selain itu kamu bisa menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol. 2 botol sehari langsung setelah makan, kandungan plant stanol ester dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol 7-10% jika dikonsumsi secara rutin 2 botol selama 2-3 minggu.

Referensi:

Medline (medlineplus.gov/cholesterol.html#cat_92)
healthline.com/health/high-cholesterol-symptoms#heart-attack

 

13 September 2021 - 214 views 3 min to read

Share: