9 Cara Melancarkan Peredaran Darah, Mudah Serta Menyehatkan!

9 Cara Melancarkan Peredaran Darah, Mudah Serta Menyehatkan!

9 Cara Melancarkan Peredaran Darah, Mudah Serta Menyehatkan!

Memiliki peredaran darah yang lancar memang menjadi dambaan setiap orang. Sebab, peredaran darah yang lancar berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Yap! Seluruh tubuh manusia perlu dialiri darah, lho. Nah, cara melancarkan peredaran darah pun cukup beragam.

Menurut Cleveland Clinic, akademi kesehatan dari Amerika Serikat, tujuan dari melancarkan peredaran darah itu sendiri agar jaringan otot dan organ di tubuh bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, peredaran darah yang lancar juga membantu tubuh untuk membuang produk limbah yang bisa merugikan tubuh. 

Maka dari itu, ada beberapa cara melancarkan peredaran darah yang perlu kamu coba. Jika aliran darah di dalam tubuh tidak lancar, beberapa bagian seperti kaki dan tangan bisa mengalami mati rasa. 

Bahkan menurut Web MD, penerbit online di bidang kesehatan dari Amerika Serikat, sirkulasi darah yang buruk bisa membuat kulit menjadi kering, rambut rontok, kuku mudah patah, serta warna kulit yang berubah menjadi kebiruan (untuk seseorang berkulit terang). 

Nah, salah satu faktor penyebab sirkulasi darah yang tidak lancar ini dikarenakan oleh penumpukan lemak atau kolesterol di dalam tubuh, lho. Oleh sebab itu, memiliki peredaran darah yang lancar terbilang sangat penting. Bagaimana cara melancarkan peredaran darah? Tidak perlu khawatir! 

Berikut ini 10 cara melancarkan peredaran darah yang sudah dikutip dari Vein Clinics, salah satu klinik kesehatan dari Amerika Serikat:

  • Pijat

Penting untuk dilakukan, memijat bisa membantu melancarkan peredaran darah seseorang, lho! Efek utama yang akan didapatkan tubuh adalah rileks. Namun, pijatan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Selain itu, efek lainnya yang didapat dari pijatan adalah mengurangi stres serta rasa sakit di bagian tubuh tertentu.

  • Olahraga Rutin

Cobalah untuk mulai berolahraga rutin selama 30 menit dalam sehari. Cara melancarkan peredaran darah yang satu ini dikenal bisa mendorong aliran darah ke seluruh tubuh. Jika tidak pernah berolahraga, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan setiap harinya, lho.

  • Hindari Stres Berlebihan

Nah, menghindari stres berlebihan juga bisa menjadi cara melancarkan peredaran darah yang dikenal ampuh. 

Bahkan menurut University of Rochester Medical Center, laman kesehatan milik Universitas Rochester, stres ringan mampu memicu buruknya aliran darah yang mengalir ke otot jantung. Akibatnya, jantung tidak akan mendapatkan aliran darah atau oksigen yang cukup.

  • Meminum Air Mineral

Terdengar sederhana, meminum air mineral sebanyak 2 liter per hari memang sangat penting untuk dilakukan. Cara melancarkan peredaran darah yang satu ini terdengar sederhana dan sangat mudah dilakukan, bukan?

Kamu bisa mencoba untuk meminum air mineral hangat setiap harinya. Sebab, air yang hangat bisa mendorong pembuluh darah di tubuh jadi lebih lebar. Sehingga, darah pun lebih leluasa untuk mengalir ke seluruh tubuh.

  • Taruh Kaki di Atas Kepala Atau Posisikan Kaki Lebih Tinggi

Cara melancarkan peredaran darah yang lain ialah dengan memosisikan kaki lebih tinggi dari kepala. Hal ini bisa kamu coba dengan menaruh kaki di dinding dengan gaya terbalik. Mengapa hal ini berpengaruh?

Alasannya adalah dikarenakan pada siang hari, kebanyakan orang dewasa melakukan aktivitas dengan cara berjalan atau duduk dalam waktu yang lama. Nah, posisi tersebut mampu menyebabkan darah terkumpul di pembuluh darah bagian kaki bawah. Akibatnya, seseorang akan mengalami kram atau kesemutan.

Dengan mengangkat kaki lebih tinggi dari kepala selama 20 menit dalam sehari, sirkulasi darah bisa kembali normal dan lancar ke seluruh tubuh.

  • Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Yuk, mulai coba mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, ya! Menurut American Heart Association, asosiasi kesehatan jantung dari Amerika Serikat, kadar omega 3 yang harus dikonsumsi setiap minggu adalah 2 porsi. 

Dengan mengonsumsi omega 3 sesuai takaran yang dianjurkan, sirkulasi darah di tubuh akan menjadi lebih lancar.

  • Hindari Mengonsumsi Alkohol

Patut dicoba, cara melancarkan peredaran darah seseorang juga bisa dengan memberhentikan diri untuk mengonsumsi alkohol. Jika mengonsumsi sesekali, alkohol tidak berpengaruh penting untuk tubuh. 

Namun jika mengonsumsi secara rutin, alkohol bisa mengencerkan tekstur darah serta mencegah darah untuk menempel satu sama lain hingga akhirnya membeku. Akibatnya, jumlah trombosit di dalam tubuh pun akan berkurang. Meskipun baik, namun trombosit di tubuh berguna sebagai pelindung saat tubuh mengalami cedera.

  • Latihan Peregangan

Meregangkan tubuh atau yang biasa dikenal dengan stretching juga mampu menjadi jurus jitu sebagai cara melancarkan peredaran darah, lho. Jika kamu rutin melakukan latihan peregangan, gerakan sederhana pun bisa membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh dan organ seseorang.

  • Berhenti Merokok

Memiliki kebiasaan merokok setiap harinya? Cara melancarkan peredaran darah yang terakhir yaitu menghentikan kebiasaan merokok. Nikotin (bahan dasar rokok) yang masuk ke dalam tubuh bisa merusak dinding arteri, dan mengentalkan darah di dalam tubuh. 

Akhirnya, darah yang kental pun tidak bisa mengalami sirkulasi yang lancar. Maka dari itu, memberhentikan kebiasaan merokok terbilang efektif untuk melancarkan peredaran darah di tubuhmu.

Itulah 9 cara melancarkan peredaran darah yang perlu kamu coba. Secara sederhana, kamu bisa melancarkan sirkulasi darah dengan memiliki pola hidup sehat. Seperti yang sudah diketahui, penumpukan lemak atau kolesterol di tubuh bisa menjadi penyebab utama sirkulasi udara yang tidak lancar.

Nah, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengonsumsi Nutrive Benecol. Minuman penurun kolesterol ini mampu mengurangi kadar kolesterol di tubuh sebanyak 7-10% setiap setelah dikonsumsi 2 botol per harinya, lho! Sangat menarik, bukan? 

Yuk, hajar kolesterol dengan Nutrive Benecol

 

Referensi:

 

Vein Clinics. https://www.veinclinics.com/blog/9-ways-to-improve-your-circulation/.

 

Web MD. https://www.webmd.com/dvt/ss/slideshow-dvt-improve-circulation.


University of Rochester Medical Centre. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=1&ContentID=2171.

03 August 2022 - 4 views 4 min to read

Share: