7 Daftar Camilan Tinggi Serat yang Cocok untuk Temani Hari Anda

7 Daftar Camilan Tinggi Serat yang Cocok untuk Temani Hari Anda

Siapa yang suka makan camilan sambil nonton film atau acara tv favorit ketika sedang istirahat? Rasanya camilan sudah jadi makanan wajib yang bisa dikonsumsi sebelum waktu makan berat datang lagi, ya.

Camilan juga cocok banget untuk ‘mengganjal perut’ ketika lapar melanda tapi Anda belum sempat untuk makan makanan berat. Tapi tidak jarang terlalu banyak makan camilan justru lebih berpengaruh terhadap naiknya berat badan dibandingkan dengan makanan berat yang dikonsumsi sehari-hari.

Karena namanya saja camilan, yang di mana makanan ini memang tanpa sadar seringkali dikonsumsi dalam jumlah yang memang tidak terlalu banyak, tetapi sering. Jika Anda salah satu orang yang istilahnya tidak bisa menjalani hari tanpa cemilan, Anda perlu untuk memperhatikan jenis cemilan apa yang ingin Anda jadikan teman penunda lapar.

Tapi, tidak semua camilan bisa membuat berat badan naik, kok. Ternyata ada camilan tinggi serat yang bisa Anda coba untuk menjadi teman menjalani hari. Cemilan apa saja itu, ya? Inilah daftar camilan tinggi serat yang cocok untuk temani hari Anda!

Camilan Tinggi Serat

  • Raspberry

Sebenarnya, semua buah beri memiliki kandungan antioksidan polifenol dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh, tetapi raspberry lah yang dilengkapi dengan kandungan serat yang paling tinggi. Dengan mengonsumsi camilan tinggi serat yang satu ini, Anda bisa mendapatkan sekitar delapan gram serat per cangkir. Buah yang satu ini tentu sangat cocok untuk dijadikan camilan rendah kalori namun tetap padat nutrisi untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Oat

Oat juga merupakan salah satu camilan tinggi serat yang cocok untuk Anda konsumsi. Bahkan, Anda bisa membiasakan diri untuk sarapan dengan oatmeal untuk memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh agar terpenuhi dengan baik.

Selain camilan yang satu memiliki serat tinggi, oat juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan yang sangat baik, seperti menyeimbangkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, serta memudahkan Anda untuk mengatur berat badan agar tetap stabil.

  • Kacang

Kacang merupakan camilan yang paling sering kita temui. Terlebih lagi kacang sangat mudah untuk dikonsumsi dan bisa ditemukan di mana saja. Nah, camilan ini ternyata memiliki kadar serat yang tinggi juga, lho!

Khususnya kacang almond yang mengandung sekitar 3,5 gram serat per ons. Anda bisa memakannya sebagai camilan ringan yang langsung makan atau mencampurnya dengan hidangan lain untuk menambah serat di hidangan tersebut.

  • Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi camilan tinggi serat yang cocok untuk kamu. Buah yang satu ini dipercaya memiliki sekitar 6,7 gram serat di setiap 100 gramnya. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak yang baik untuk tubuh.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah. Anda bisa langsung memakannya secara mentah atau membuatnya menjadi jus.

  • Popcorn

Mungkin belum banyak yang tahu, ternyata popcorn juga bisa menjadi camilan tinggi serat. Makanan yang biasa paling cocok dikonsumsi ketika sedang menonton film ini berasal dari gandum utuh yang dipercaya sebagai sumber serat yang baik. Tetapi, Anda perlu memperhatikan popcorn seperti apa yang bisa dikatakan sebagai camilan tinggi serat, yaitu popcorn yang memiliki sedikit minyak.

  • Stroberi

Buah berwarna merah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti mangan, vitamin C, dan antioksidan yang bisa membantu menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, stroberi bisa dikategorikan sebagai camilan serat tinggi karena mengandung sekitar 2 gram serat di setiap 100 gramnya.

  • Biji Chia

Biji chia atau yang biasa lebih dikenal dengan chia seeds merupakan camilan serat tinggi yang bisa kamu masukkan ke daftar camilan harian. Biji chia dianggap sebagai sumber serat terbaik yang juga mengandung mineral, asam lemak omega-3, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan mencampurkan biji chia ke dalam yogurt, sereal, atau bahkan smoothie.

Untuk semakin memenuhi kebutuhan serat di dalam tubuh, Anda bisa minum Nutrive FiberShot dua kali sehari setelah makan. Kandungan 16 sari buah sayur yang ada dalam Nutrive FiberShot bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Nutrive FiberShot juga mengandung Inulin dari Chicory dan Polidextrosa yang berfungsi sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang maksimal.

Referensi:

Tujuh Makanan Ringan Tinggi Serat, Republika. https://www.republika.co.id/berita/q94nab463/tujuh-makanan-ringan-tinggi-serat

9 Buah Kaya Serat yang Baik dan Aman Dikonsumsi Sehari-Hari. https://kesehatan.kontan.co.id/news/9-buah-kaya-serat-yang-baik-dan-aman-dikonsumsi-sehari-hari#:~:text=Tidak%20kalah%20dari%20raspberi%2C%20ternyata,lemak%20baik%20untuk%20tubuh%20kita.

32 High-Fiber Snacks To Fuel Your Day, According To Nutritionists. https://www.womenshealthmag.com/food/g28379546/high-fiber-snacks/?slide=25

06 September 2022 - 38 views 3 min to read

Share: