5 Resep Minuman Berserat Tinggi dengan Bahan Alami

5 Resep Minuman Berserat Tinggi dengan Bahan Alami

Mengonsumsi makanan dan minuman berserat tinggi secara teratur memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Serat mampu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan usus, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Untuk bisa mendapatkan segala manfaat serat, orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 30 gram per hari. Serat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Jika mengonsumsi sumber serat secara langsung terasa membosankan, Anda bisa mencoba mengolahnya menjadi minuman lezat seperti jus dan smoothie. Nih lima rekomendasi resep minuman berserat tinggi yang baik untuk kesehatan, dikutip dari MedicalNewsToday dan LiveStrong.

1. Jus Plum Kering

Buah plum, baik yang belum maupun yang sudah dikeringkan, dikenal mengandung serat yang tinggi. Plum juga mengandung sorbitol, magnesium, dan kalium yang membantu meningkatkan kinerja usus besar sehingga buang air besar selalu lancar.

Lalu bagaimana cara minuman dari buah yang satu ini? Gampang, siapkan saja 300 gram plum kering dan dua liter air. Panaskan air yang sudah dimasukkan plum kering dengan api sedang. Setelah mendidih, kecilkan api, tutup, lalu biarkan mendidih selama dua menit.

Plum yang sudah direbus beserta airnya dimasukkan ke dalam blender dan haluskan. Anda bisa menambahkan gula atau madu sesuai selera. Tuang jus plum kering ke dalam botol dan simpan di lemari es agar lebih lezat dinikmati saat dingin.

Ingin menambah ekstra serat dalam jus plum kering Anda? Tambahkan dua cangkir bayam dan secangkir timun ke dalam campuran plum, kemudian blender hingga halus.

 

2. Air dan Jus Lemon

Selain kaya vitamin C dan antioksidan, lemon juga tinggi serat. Minum air lemon juga sangat ampuh atasi sembelit. Air atau jus lemon juga bisa mencegah tubuh dehidrasi.

Untuk membuat air lemon, campurkan perasan buah lemon ke dalam segelas air hangat. Anda bisa tambahkan sedikit madu jika ingin menetralisir rasa asam. Air lemon sangat baik diminum di malam hari atau di pagi hari usai bangun tidur.

Jika Anda lebih suka minuman jus, masukan air perasan lemon bersama madu dan es batu ke dalam blender. Jus lemon segar dan menyehatkan siap jadi minuman Anda.

3. Jus Apel

Minuman berserat selanjutnya adalah jus apel. Buah Apel memang dikenal sebagai salah satu buah tinggi serat yang menyehatkan dan mampu melancarkan pencernaan. Satu buah apel berukuran sedang mengandung 2,6 gram serat. Apel juga menyediakan Vitamin C, kalsium, dan Vitamin A.

Kandungan pektin, yaitu serat larut dalam apel juga sangat berguna dalam meningkatkan pergerakan usus besar. Namun pada orang yang memiliki usus sensitif, mengonsumsi jus apel terlalu banyak malah bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

Seperti membuat jus buah lainnya, Anda bisa memblender Apel dengan tambahan air dan madu atau es batu sesuai selera. Untuk memaksimalkan kandungan serat, haluskan Apel bersama dengan kulitnya, pastikan sudah dicuci bersih, ya.

4. Smoothie Pisang

Satu buah pisang rata-rata mengandung 1,9 gram serat. Buah berwarna kuning dengan rasa manis ini lezat dimakan langsung atau diolah menjadi minuman seperti smoothie.

Penasaran cara buatnya? Masukkan dua buah pisang ke dalam blender. Anda bisa tambahkan irisan almond dan gandum utuh untuk menambah serat. Haluskan dengan 1 setengah cangkir susu dan es, smoothie siap dinikmati.

5. Smoothie Buah Beri

Kelompok buah beri seperti Raspberry, Blueberry, dan Strawberry mengandung serat yang tinggi. Secangkir Raspberry segar misalnya, sudah menyediakan 8 gram serat untuk tubuh Anda. Rasanya yang lezat membuat buah-buahan ini nikmat dimakan langsung atau dijadikan smoothie.

Campurkan satu seperempat cangkir strawberry dengan apel atau pir untuk menambah cita rasa. Blender dengan susu dan es batu. Taburkan Raspberry dan chia seed untuk menambah kandungan serat.

Gimana, sudah enggak sabar ya untuk mencoba lima resep minuman berserat tinggi di atas? Anda juga bisa mendapatkan serat dari minuman tinggi serat seperti Nutrive FiberShot. Dalam setiap botolnya, Nutrive FiberShot memiliki kandungan serat 5 gram serat serta 16 sari buah dan sayur untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Delapan kandungan buah yang ada dalam Nutrive FiberShot adalah apel, jeruk, pir, nanas, anggur, lemon, kiwi, dan alpukat. Sedangkan kandungan sayur yang terkandung di dalamnya adalah timun, ubi, tomat, brokoli, wortel, bayam, labu dan akar bit.

Campuran buah dan sayur tinggi serat tersebut menghasilkan cita rasa yang enak untuk bantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

23 August 2021 - 10660 views 3 min to read

Share: