5 Manfaat dari Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan

5 Manfaat dari Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari bisa membantu menjaga tubuh agar tetap sehat, karena buah-buahan memiliki banyak sekali nutrisi, vitamin, serat, serta mineral yang sangat dibutuhkan untuk tubuh kita.

Tidak terkecuali untuk buah yang satu ini, buah naga atau yang biasa disebut dengan dragon fruit. Buah dengan kulit berwarna merah seperti naga ini merupakan buah tropis yang dikenal dengan rasa manis yang berasal dari daging buahnya yang berbintik-bintik.

Tampilannya yang unik ini juga banyak menarik perhatian para pecinta buah yang tertarik dengan khasiat baik dari buah naga untuk tubuh. Terlebih lagi, buah ini sangat mudah untuk ditemukan dan Anda bisa membelinya di mana saja, baik itu di supermarket maupun di penjual buah yang ada di sekitar rumah Anda.

Seperti apa sih manfaat dari buah naga ini? Yuk kita bahas bersama 5 manfaat dari buah naga yang baik untuk kesehatan tubuh!

Manfaat dari Buah Naga

  • Rendah Kolesterol

Manfaat dari buah naga yang pertama yaitu buah naga sangat rendah dari segi kolesterol. Selain itu, buah ini juga rendah lemak jenuh dan lemak trans. Mengonsumsi buah naga secara teratur bisa memberikan efek menyegarkan kepada tubuh dan membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung untuk jangka waktu panjang.

Jika Anda sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan, akan sangat baik untuk memasukkan buah naga ke dalam daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melengkapi nutrisi setiap harinya. Tak hanya itu saja, biji yang ada di dalam buah ini mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

  • Kaya Akan Antioksidan

Manfaat dari buah naga yang selanjutnya yaitu buah naga kaya akan antioksidan. Hal tersebut bisa dilihat dari warna cerah yang terlihat dari buah naga, yang menandakan bahwa buah naga dipenuhi dengan fitonutrien, sebuah komponen organik dalam buah yang dapat memberikan antioksidan kuat pada tubuh untuk melawan kerusakan sel-sel yang mungkin terjadi di dalam tubuh dari waktu ke waktu.

Antioksidan juga memiliki peran yang sangat penting untuk memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh Anda hingga kemudian memicu penyakit kanker. Program diet yang memasukkan makanan kaya antioksidan pun dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit terlihat awet muda.

  • Menjaga Kesehatan Jantung dan Meningkat Sistem Imun

Karena buah naga kaya akan serat dan antioksidan, buah ini sangat bermanfaat untuk membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan juga menjaga tubuh agar tetap terlihat awet muda. Kandungan yang ada di dalam buah naga bisa melawan plak yang menyumbat di arteri dan kemudian menjaga sirkulasi darah dalam tubuh agar bisa mengalir dengan baik.

Vitamin C dan karotenoid yang terdapat di buah naga juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi. Sel darah putih dalam sistem kekebalan berfungsi untuk menghancuran zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Tapi sayangnya, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Maka dari itu, kandungan vitamin C dan karotenoid dalam buah naga bisa menetralkan radikal bebas dan menjaga sel darah putih Anda.

  • Kecantikan

Manfaat lain dari buah naga biasanya buah eksotis ini digunakan sebagai pengobatan alami untuk menjaga kecantikan kulit. Apalagi buah naga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin tinggi yang bisa membuat kulit tampak awet muda.

Negara-negara di Asia Tenggara percaya jika membuat pasta atau masker yang berasal dari daging buah naga untuk kemudian dioleskan secara teratur pada wajah, bisa membantu memperlambat proses penuaan dan membuat kulit terasa kencang serta awet muda. Pasta yang terbuat dari buah naga ini juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang membandel serta kulit yang terbakar.

  • Mengandung Serat Tinggi

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University Of Leeds, yang menunjukkan bahwa ketika tubuh mengonsumsi makanan kaya serat bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan serat yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah naga.

Buah naga dipercaya sebagai sumber makanan serat yang baik. Buah ini memiliki manfaat yang tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga untuk membantu menjaga tekanan darah dan berat badan agar tetap seimbang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Leeds, peningkatan konsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK).  Buah naga adalah sumber serat makanan yang baik, oleh karena itu tidak hanya bagus untuk jantung, tetapi juga membantu menjaga tekanan darah dan berat badan.

 

 

Setelah melihat manfaat dari buah naga, semakin tertarik tidak untuk mengonsumsi buah ini? 

Apalagi buah naga mengandung banyak serat yang sangat baik untuk tubuh kita. Untuk lebih memenuhi kebutuhan serat pada tubuh, selain dengan mengonsumsi buah naga, Anda bisa mencoba minuman sehat seperti Nutrive FiberShot.

Nutrive FiberShot mengandung 16 kandungan sari buah sayur yang bisa membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh bisa terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan serat secara maksimal, anda hanya perlu minum Nutrive FiberShot dua kali sehari setelah makan dan kandungan Inulin serta Chicory dan Polidextrosa yang ada di dalamnya akan bekerja sebagai prebiotik bagi bakteri baik di usus, sehingga sistem pencernaan bisa lebih sehat dengan penyerapan nutrisi yang lancar.

Referensi:

7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet, Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit-benefits

7 Amazing Dragon Fruit Benefits: The Antioxidant & Vitamin Powerhouse, NDTV Food. https://food.ndtv.com/food-drinks/7-dragon-fruit-benefits-the-antioxidant-vitamin-powerhouse-1247454

03 August 2022 - 6 views 4 min to read

Share: