5 Makanan yang Mengandung Serat Tidak Larut

5 Makanan yang Mengandung Serat Tidak Larut

Serat adalah salah satu jenis karbohidrat kompleks yang kandungannya ada di dalam makanan. Nah, kandungan serat ini terbagi menjadi dua, yakni serat larut dan tidak larut. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

Istimewanya, makanan yang mengandung serat tidak larut bahkan bisa menangani sembelit, lho! Memangnya, serat tidak larut itu apa, sih? Yuk, kupas tuntas mengenai makanan yang mengandung serat tidak larut di sini!

Pengertian dan manfaat serat tidak larut

Serat tidak larut adalah kandungan serat yang tidak bisa larut jika digabungkan dengan air. Menurut Medline Plus, layanan informasi dari perpustakaan kedokteran nasional Amerika Serikat, serat tidak larut bisa membawa makanan untuk melewati lambung dan usus menjadi lebih cepat.

Biasanya, makanan serat tidak larut ini bisa ditemukan di mana-mana, mulai di dalam sayuran, gandum, sampai biji-bijian. Dikarenakan kandungannya yang bagus untuk tubuh, manfaat memakan makanan yang mengandung serat tidak larut juga beragam. Berikut manfaatnya:

  • Menurunkan risiko datangnya penyakit
  • Merasa kenyang lebih lama sehingga cocok dikonsumsi saat diet
  • Mencegah sembelit
  • Menurunkan adanya risiko penyakit divertikular (infeksi pada usus besar)

Makanan yang mengandung serat tidak larut

Dengan segudang manfaat tersebut, anda bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung serat tidak larut, lho. Tujuannya, tentu agar kesehatan tubuh bisa semakin terjaga dan terhindar dari kemungkinan adanya penyakit yang datang.

Nah, supaya bisa mendapatkan manfaat di atas, berikut rekomendasi makanan yang bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat larut di dalam tubuh.

  • Kembang kol

Termasuk ke salah satu keluarga sayuran, kembang kol bisa menjadi pilihan jika anda ingin mengonsumsi makanan yang mengandung serat tidak larut. Dilansir dari NCBI, perpustakaan kedokteran nasional Amerika Serikat, serat tidak larut yang terkandung di dalam setengah cangkir kembang kol matang bisa mencapai 0,6 gram. 

  • Kentang

Sedikit berbeda dengan kembang kol, serat tidak larut yang terkandung di dalam setengah cangkir kentang matang adalah 2,2 gram. Nah, anda bisa mengonsumsi beberapa kentang matang supaya asupan serat tidak larutnya terpenuhi, ya.

  • Kacang hijau

Makanan yang mengandung serat tidak larut lainnya adalah kacang hijau. Sudah tidak asing lagi, kacang hijau menjadi salah satu makanan pilihan yang mudah ditemukan di mana-mana. 

Dengan memakan setengah cangkir kacang hijau yang sudah matang, tubuh bisa menerima 1,5 gram serat tidak larut di dalamnya. Jadi, anda bisa mulai mengonsumsi sup kacang hijau untuk memenuhi kebutuhan serat tidak larut tersebut.

  • Bayam

Selain kembang kol, keluarga sayuran lain yang patut anda konsumsi ialah bayam. Yap! Sebab, bayam termasuk ke dalam makanan yang mengandung serat tidak larut.

Untuk bayam yang sudah matang, setengah cangkirnya mengandung 1,1 gram serat tidak larut di dalamnya. Nah, anda bisa memulai untuk makan sayur bayam setiap harinya, ya.

  • Kacang polong

Kacang polong adalah makanan yang mengandung serat tidak larut dengan kandungan paling tinggi di antara makanan lainnya. Jika sudah matang, setengah cangkir kacang polong bisa memuat 3 gram serat tidak larut di dalamnya.

Nah, semua makanan di atas bisa mulai anda konsumsi untuk kesehatan tubuh, ya. Tidak hanya untuk jangka pendek, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tidak larut juga berguna untuk kesehatan di jangka panjangnya seperti infeksi pada usus besar.

Mengapa demikian? Sebab, tubuh manusia membutuhkan konsumsi serat harian setidaknya 28 gram. Kalau serat yang dikonsumsi kurang dari seharusnya, kemungkinan besar kadar kolesterol akan naik. 

Maka dari itu, untuk membantu kebutuhan 28 gram serat harian di tubuh, Nutrive menyediakan minuman yang bernama Nutrive Fiber Shot dengan kandungan 5 gram serat. Bisa diminum 2 kali dalam sehari, kebutuhan serat harianmu sudah terpenuhi 10 gram dengan mengonsumsi Nutrive Fiber Shot, lho!

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai hidup sehat dan kaya akan serat bersama Nutrive Fiber Shot!

 

Referensi:

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319176.

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002136.htm.

Healthline. https://www.healthline.com/health/soluble-vs-insoluble-fiber#soluble-fiber-sources.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK326737/table/lipids_lifestyle-changes-lipids-and-lipoproteins.T._7/.

05 July 2022 - 26 views 3 min to read

Share: