5 Jenis Seafood yang Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi

5 Jenis Seafood yang Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi

Seafood atau makanan laut menjadi makanan yang paling dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Meskipun lezat, mengonsumsi seafood dalam jumlah banyak bisa menaikkan kadar kolesterol tubuh dengan cepat. Kabar baiknya, ada beberapa jenis seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi, lho!

Memangnya, seberapa banyak kadar kolesterol tubuh yang terbilang normal? Nah, menurut Medical News Today, media kesehatan yang berasal dari Inggris, kebutuhan kolesterol setiap orang tergantung dari usianya.

Untuk lebih jelasnya, berikut panduan lengkap kebutuhan kolesterol seseorang di usia tertentu menurut Medline Plus, perpustakaan kesehatan dari Amerika Serikat:

  • Usia 19 tahun atau lebih muda

Kurang dari 170 miligram. Kandungannya ini tentu melalui kombinasi kolesterol jahat (LDL) kurang dari 100 miligram dan kolesterol baik (HDL) lebih dari 45 gram.

  • Usia 20 tahun atau lebih

Nah, di usia yang lebih tua, Anda perlu memenuhi kebutuhan kolesterol sebanyak 125 sampai 250 miligram. Pembagiannya yaitu kolesterol jahat (LDL) kurang dari 100 miligram dan kolesterol baik (HDL) lebih dari 50 gram.

Nah, supaya kebutuhan kadar kolesterol terpenuhi, Anda bisa memulai dari gaya hidup yang sehat. Salah satunya melalui makanan. Meskipun seafood tidak menjadi pilihan utama untuk seseorang yang menderita kolesterol, tapi jika Anda sangat ingin memakannya, sah-sah saja, lho!

Yap! Anda yang menderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi kelima jenis seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi seperti:

Seafood Yang Tidak Mengandung Kolesterol Tinggi

1. Ikan salmon

Pada dasarnya, ikan salmon dikenal mengandung banyak nutrisi di dalamnya seperti protein, zinc, magnesium, serta folat. Selain kaya akan nutrisi, rasa dari ikan salmon juga sangat lezat, lho.

Nah, solusi seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi ini salah satunya adalah ikan salmon. Menurut Healthline, laman kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, mengonsumsi salmon bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. 

Selain itu, setiap 3 ons salmon yang dimasak mengandung 23 gram protein serta 6 gram lemak. Eits, lemak yang dimaksud di sini pun lemak tak jenuh, lho. Jadi, sangat sehat dan aman untuk dikonsumsi.

2. Kerang

Penyuka kerang saus padang? Atau kerang saus tiram? Tidak perlu khawatir! Pilihan seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi lainnya jatuh kepada kerang. 

Menurut Verywell Health, sumber informasi di bidang kesehatan dari Amerika Serikat, kerang sendiri mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, kandungan lainnya yang terbilang cukup menyehatkan ini terdiri dari vitamin D, vitamin B12, magnesium, dan juga kalium.

Dengan segudang nutrisi di dalamnya, tak heran jika kerang menjadi salah satu sumber nutrisi juga untuk jantung, lho.

3. Ikan nila

Masih dari keluarga ikan, ikan nila bisa menjadi solusi untuk pilihan seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi. Nah, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan nila yang digoreng kering. 

Dilansir dari Healthline, kolesterol di dalamnya mencapai 50 miligram. Meskipun kandungannya sedikit lebih tinggi, ikan nila mengandung kalsium di dalamnya yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

4. Tiram

Sampai sekarang, mungkin masih banyak orang yang menganggap jika kerang dan tiram itu sama. Nyatanya, keduanya sangat berbeda, lho. Nah, tiram juga termasuk ke jenis seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi, nih.

Menurut Livestrong Foundation, yayasan kesehatan dari Amerika Serikat, tiram memiliki kandungan 19,2 miligram kolesterol per ekornya. Dengan kebutuhan kolesterol harian setidaknya 125-200 miligram, Anda boleh mengonsumsi tiram beberapa ekor. 

5. Ikan makarel

Seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi yang terakhir adalah ikan makarel. Hampir mirip dengan ikan salmon, makarel mengandung omega 3 dan protein yang dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung.

Dalam satu porsi ikan makarel yang diasap, ada 17 miligram kolesterol di dalamnya. Terbilang cukup rendah, bukan?

Untuk Anda penyuka makanan laut atau seafood, beberapa seafood yang tidak mengandung kolesterol tinggi di atas sangat boleh untuk dicicipi. Tapi, dalam jumlah yang normal dan tidak berlebihan, ya.

Supaya kadar kolesterol tidak meningkat pesat saat memakan seafood, Anda bisa mengonsumsi minuman yang mampu mengusir kolesterol jahat di tubuh lho, yakni Nutrive Benecol.

Dianjurkan untuk diminum 2 kali sehari setelah makan, 7 sampai 10% kolesterol di tubuh bisa turun seketika, lho. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat makan seafood, deh. Solusinya, sedia Nutrive Benecol setiap saat.

Referensi:

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315900.

Very Well Health/ https://www.verywellhealth.com/low-cholesterol-diet-shrimp-and-scallops-697976/.

Medline Plus. https://medlineplus.gov/cholesterollevelswhatyouneedtoknow.html.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/salmon-and-cholesterol.

Healthline. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol/-is-there-cholesterol-in-fish#How-much-fish-should-I-eat?.

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/295834-oysters-cholesterol/.

11 July 2022 - 120 views 3 min to read

Share: