5 Fungsi Serat Bagi Tubuh, Salah Satunya Memperpanjang Usia

5 Fungsi Serat Bagi Tubuh, Salah Satunya Memperpanjang Usia

Apa sih fungsi serat bagi tubuh? Hal ini mungkin jadi pertanyaan bagi Anda di tengah banyaknya ajakan dan nasihat untuk makan lebih banyak serat. Ternyata serat memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Zat yang banyak ditemukan dalam buah dan sayur ini paling dikenal dengan manfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kenyataannya, serat memiliki banyak manfaat manfaat lain bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Serat sebenarnya adalah salah satu jenis karbohidrat yang ada dalam makanan nabati dan tidak dapat dicerna oleh tubuh. Karena tidak dicerna, serat terus bergerak melewati saluran cerna dan keluar bersama kotoran.

Ada dua jenis serat yaitu serat larut dan tidak larut. Serat larut akan larut dalam air. Serat larut berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Sedangkan serat tidak larut berfungsi mendorong kerja sistem pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 30 gram serat dalam sehari. Sayangnya masih banyak yang belum bisa memenuhi kebutuhan serat akibat ketidaktahuan akan pentingnya serat bagi tubuh. Yuk simak lima fungsi serat bagi tubuh yang dihimpun dari MayoClinic dan EatingWell.

 

Fungi Serat Bagi Tubuh

 

1. Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Salah satu fungsi serat bagi tubuh adalah melancarkan BAB. Serat meningkatkan bobot dan ukuran feses namun juga melembutkannya. Feses yang berukuran besar dan lembut jauh lebih mudah dikeluarkan sehingga Anda terhindar dari sembelit. Bagi Anda yang kerap memiliki feses terlalu lembek atau encer, serat juga berguna untuk membuatnya tetap padat namun lembut dengan menyerap air dan menambah massa feses.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Memenuhi kebutuhan serat harian juga berguna untuk menjaga kesehatan usus. Serat bisa menurunkan risiko wasir, penyakit divertikulitis, dan kanker kolorektal. Serat juga dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit lainnya di usus besar.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Mencegah Diabetes

Serat larut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan begitu, serat juga turut menjaga kesehatan jantung seperti mengurangi tekanan darah dan mencegah peradangan.

Serat juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Serat memperlambat penyerapan gula dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini yang membuat orang yang makan makanan tinggi serat secara teratur akan terhindar dari penyakit Diabetes tipe 2.

4. Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Tubuh Ideal

Makanan dengan kandungan tinggi serat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi Anda tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan tinggi kalori. Makanan tinggi serat juga biasanya rendah kalori sehingga sangat cocok untuk diet.

Serat dikatakan dapat mengikat molekul lemak dan gula saat berjalan melalui saluran pencernaan. Jadi selain menurunkan berat badan, serat juga membantu mempertahankan bobot ideal tubuh dengan mencegah penumpukkan lemak berlebih.

5. Memperpanjang Usia

Studi menunjukkan bahwa rutin meningkatkan asupan serat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kanker. Untuk setiap 7 gram serat yang Anda makan setiap hari, risiko penyakit jantung menurun hingga 9 persen. Serat mampu menyedot kelebihan kolesterol dari tubuh Anda dan mengeluarkannya agar tidak menyumbat arteri.

Penelitian lain menyebutkan, setiap 10 gram serat yang Anda konsumsi menurunkan risiko kanker kolorektal 10 persen dan kanker payudara 5 persen. Makanan tinggi serat seperti sayur dan buah juga biasanya mengandung antioksidan yang membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Itu dia lima fungsi utama serat bagi tubuh. Manfaat serat bisa dirasakan jika dikonsumsi secara teratur. Namun, aktivitas yang padat kerap membuat Anda tidak sempat mengonsumsi sayur buah yang menjadi sumber serat. Atau mungkin Anda tidak menyukai rasa dari buah dan sayur. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi minuman tinggi serat seperti Nutrive FiberShot. Minuman ini mengandung 16 sari buah dan sayur untuk menjaga sistem pencernaan.

Nutrive FiberShot aman dikonsumsi untuk anak usia di atas 1 tahun dan ibu hamil serta menyusui. Mengonsumsinya dua kali sehari bantu penuhi hingga 40% kebutuhan serat harian Anda, juga membantu untuk menjaga sistem pencernaan dan membuat BAB teratur.

04 May 2021 - 835 views 3 min to read

Share: