13 Makanan yang Mengandung Serat Larut, Menyehatkan!

13 Makanan yang Mengandung Serat Larut, Menyehatkan!

Kesehatan tubuh memang menjadi salah satu aspek yang perlu dijaga. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah pola makan yang baik. Makanan yang mengandung serat larut pasalnya sangat penting untuk dikonsumsi setiap harinya.

Sebab, serat larut mampu membantu kelancaran pencernaan seseorang. Lalu, apa saja makanan yang mengandung serat larut? Yuk, cari tahu semuanya di artikel ini!

Apa itu serat larut?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai makanan tertentu yang mengandung serat larut, coba kupas tuntas mengenai kandungannya dahulu, yuk!

Memangnya, serat larut itu apa, sih? Dilansir dari Mayo Clinic, pusat medis dari Amerika Serikat, serat larut merupakan kandungan serat di dalam makanan yang mampu larut jika bertemu dengan air.

Jika rajin mengonsumsinya, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Memperlancar pencernaan sebab meningkatnya bakteri baik di usus
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah
  • Membantu menjaga berat badan

Makanan yang mengandung serat larut

Dengan manfaat di atas, tentunya mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut menjadi incaran banyak orang. Lalu, apa saja makanan yang bisa rutin dikonsumsi?

  • Kacang hitam

Makanan pertama ialah kacang hitam. Menurut Healthline, salah satu laman kesehatan dari Amerika Serikat, Anda bisa mengonsumsi kacang hitam dengan takaran 129 gram atau tiga perempat cangkir. Dari takaran tersebut, serat larut yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah 5,4 gram.

Kandungan serat larut yang ada dari kacang hitam adalah pektin. Fungsinya sendiri untuk membuat perut merasa kenyang atau terisi dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Alpukat

Makanan yang mengandung serat larut lainnya ialah alpukat. Selain enak untuk dikonsumsi, alpukat memiliki kandungan seperti vitamin E, potasium atau mineral, serta serat larut. Umumnya, sebuah alpukat mengandung 2,1 gram serat makanan tiap setengah bagiannya.

  • Brokoli

Terkenal sebagai salah satu jenis sayuran yang menyehatkan, brokoli juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung serat larut. Saat memasak brokoli seberat 92 gram, anda akan mendapatkan 1,5 gram kandungan larut serat di dalamnya.

Maka dari itu, mengonsumsi brokoli mampu menyehatkan usus sebab kandungan lainnya pun tak kalah menakjubkan. Beberapa kandungan lainnya ialah vitamin K, vitamin C, mineral, serta antioksidan yang tinggi.

  • Buah pir

Secara keseluruhan, buah pir mengandung 5,5 gram total serat di dalamnya. Namun, serat tersebut dibagi menjadi yang larut dan tidak larut. Sedangkan untuk serat larutnya sendiri terkandung sebanyak 1,5 gram untuk buah yang berukuran sedang. Serat larut utama yang terkandung di buah pir adalah pektin, seperti kacang hitam.

  • Kacang merah

Walaupun terbilang sulit untuk dicerna, jenis kacang-kacangan lainnya yang juga mengandung serat larut adalah kacang merah. Kandungan serat larut di dalam kacang merah yaitu 3 gram dari total tiga perempat cangkir. 

Selain serat larut, kacang merah juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, kalsium, hingga zat besi. Sangat menyehatkan tubuh, bukan?

  • Wortel

Sering dijumpai di rumah, wortel adalah sayuran yang mengandung serat larut. Seberapa banyak kandungannya? Dalam 128 gram wortel matang, serat larut yang bisa dicerna oleh tubuh anda ialah 2,4 gram. Dengan kandungan serat yang cukup besar, wortel terbilang menjadi salah satu makanan berserat larut yang paling sering menjadi pilihan.

  • Apel

Tidak hanya menyegarkan dan manis, buah apel termasuk ke salah satu makanan yang mengandung serat larut, lho. Jika mengonsumsi apel yang berukuran sedang, kamu bisa mendapatkan kandungan 1 gram serat larut di dalamnya.

  • Jambu biji

Terkenal dengan rasa manisnya, anda bisa mengonsumsi jambu biji yang umumnya mengandung 1,1 gram serat larut di dalamnya. Bahkan, buah jambu biji memang sudah dikenal akan khasiatnya yang mampu mengurangi gula darah serta kolesterol jahat juga, nih.

  • Oat

Berasal dari keluarga biji-bijian, oat kerap kali ditemukan kandungannya dalam roti. Nah, sebenarnya, oat ini mengandung serat larut, lho. Dalam satu cangkir berisi oat, setidaknya ada 1,9 gram serat larut di dalamnya.

  • Ubi jalar

Selain itu, makanan yang mengandung serat larut lainnya berasal dari keluarga umbi-umbian, yakni ubi jalar. Nah, anda bisa mengonsumsi ubi jalar matang sebanyak 150 gram. Dengan begitu, anda akan mendapat 1,8 gram serat larut yang masuk ke dalam tubuh.

  • Lobak

Lobak juga termasuk ke makanan yang mengandung serat larut, lho! Kandungannya pun tidak sedikit, ada 1,7 gram serat larut dalam 82 gram lobak yang sudah matang.

Tapi, tidak hanya serat larut saja. Lobak juga mengandung vitamin C, vitamin K, hingga kalium atau mineral. Sudah terbayang sesehat apa, kan?

  • Kacang hazel

Masih dari keluarga kacang-kacangan, kacang hazel atau yang biasa dikenal dengan hazelnut merupakan salah satu makanan yang mengandung serat larut. Kandungannya sendiri sebesar 1,1 gram setiap seperempat cangkirnya.

Cukup kaya dengan kandungan lainnya, anda bisa menemukan lemak tak jenuh, vitamin E, hingga zat besi di dalam kacang hazel.

  • Biji rami

Biji rami juga bisa menjadi pilihan untuk anda jika ingin mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut. Salah satu cara mengonsumsinya yaitu dengan direndam semalaman. 

Jika direndam, serat larutnya akan bergabung dengan air rendaman tersebut sehingga membantu proses pencernaan. Kandungan serat larut di dalamnya mencapai 0,6-1,2 gram setiap sendok makannya.

 

Nah, itu dia 13 makanan yang mengandung serat larut. Dengan berbagai manfaat yang menyehatkan tubuh, anda bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan di atas, lho!

Selain makanan, kebutuhan serat harian di tubuh ini terbilang sangat penting, yaitu 28-34 gram untuk orang dewasa. Agar kebutuhan serat harian di tubuh menjadi terpenuhi, bisa banget didukung dengan rutin mengonsumsi Nutrive Fiber Shot.

Bisa dikonsumsi 2 kali dalam sehari, manfaat yang ditawarkan Nutrive Fiber Shot ini tidak kalah menarik karena mengandung 5 gram serat di setiap botolnya. Jadi, anda bisa memenuhi kebutuhan 5 gram dari total 28 gram serat melalui sebotol Nutrive Fiber Shot. Menarik, kan?

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang Nutrive Fiber Shot!

 

Referensi:

 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983.

 

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/whats-the-difference-between-soluble-and-insoluble-fiber/.


Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-soluble-fiber#16.-Flax-seeds.

01 July 2022 - 114 views 4 min to read

Share: