12 Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Menyehatkan!

12 Tips Diet untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Menyehatkan!

Diet adalah kebiasaan dalam memilih makanan yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Selain itu, diet juga bertujuan untuk mendapatkan kandungan nutrisi tertentu di dalam tubuh. Secara umum, diet terbilang beragam jenisnya. Salah satunya, yaitu diet kolesterol tinggi. Dalam hal ini, diet yang dimaksud dikhususkan untuk penderita kolesterol tinggi.

Mengapa dikhususkan? Sebab, penderita kolesterol tinggi tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Tujuannya, agar terhindari dari meningkatnya kolesterol yang mengakibatkan serangan jantung secara tiba-tiba. 

Nah, untuk diet kolesterol tinggi, ada beberapa tips yang perlu diikuti. Tentunya, tips di bawah ini bertujuan agar penderita kolesterol tinggi bisa tetap diet dengan mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol. Lalu, apa saja tips untuk diet kolesterol tinggi? Berikut penjelasannya.

  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebenarnya menjadi kunci untuk diet kolesterol tinggi, lho. Hal ini disebabkan karena sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Menurut penelitian dari PubMed Central, perpustakaan nasional kesehatan dari Amerika Serikat, orang dewasa yang mengonsumsi 4 porsi buah dan sayuran setiap harinya mampu memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah sekitar 6% daripada orang yang mengonsumsi hanya 2 porsi.

  • Konsumsi makanan yang mengandung serat larut

Selain sayur dan buah, diet kolesterol tinggi juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut seperti kacang dan biji-bijian.

Sebab, mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut bisa mengurangi 5-10% kadar kolesterol jahat dalam waktu 1 bulan. Maka dari itu, seseorang yang diet kolesterol tinggi diharapkan mengonsumsi setidaknya 5-10 gram makanan yang mengandung serat larut setiap harinya.

  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Masih seputar makanan, diet kolesterol tinggi juga wajib menghindari lemak jenuh dan mulai mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh. 

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan para ahli di bidang kesehatan, mengonsumsi lemak tak jenuh bisa mengurangi kolesterol jahat sebesar 11% dalam waktu kurang dari 2 bulan. Nah, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti alpukat atau kacang-kacangan, ya.

  • Hindari adanya lemak trans buatan

Seseorang dengan diet kolesterol tinggi juga harus menghindari konsumsi lemak trans, lho. Mengapa demikian? Sebab, lemak trans buatan biasanya dibentuk dengan cara menambahkan hidrogen ke lemak tak jenuh sehingga struktur lemaknya pun berubah menjadi padat di suhu ruangan.

Dilansir dari laman penelitian PubMed Central, perpustakaan nasional kesehatan dari Amerika Serikat, mengonsumsi lemak trans buatan mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dengan risiko penyakit jantung 23% lebih besar.

  • Masak menggunakan rempah-rempah

Daripada mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan lemak trans buatan, lebih baik memasak sendiri menggunakan rempah-rempah. 

Hal itu dikarenakan rempah-rempah mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah peningkatan kolesterol LDL di dalam tubuh. Beberapa rempah-rempah yang terbilang baik untuk dikonsumsi adalah kayu manis, oregano kering, cengkeh, hingga jahe.

  • Kurangi gula pasir

Untuk diet kolesterol tinggi, mengurangi konsumsi gula pasir juga sangat penting, lho. Penggunaan gula pasir dalam konsumsi sehari-hari biasanya terdapat dari dalam minuman. 

Bahkan, minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat sebanyak 17%. Maka dari itu, mengonsumsi gula secara berlebihan bisa mengarahkan kamu ke penyakit jantung.

  • Konsumsi kedelai

Suka susu kedelai? Nah, hal itu malah terbilang baik untuk dikonsumsi saat diet kolesterol tinggi. Kandungan kedelai yang diperkaya protein serta isoflavon (senyawa nabati menyerupai estrogen), mampu menurunkan kadar kolesterol hingga risiko penyakit jantung. 

  • Mengonsumsi teh hijau

Secara umum, teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi mampu mencegah kolesterol jahat untuk membentuk plak di arteri tubuh. 

Maka dari itu, mengonsumsi teh hijau secara rutin sudah terbukti mengurangi kolesterol jahat. Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan di dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi teh hijau setiap hari setidaknya selama dua minggu. Jika rutin, kadar kolesterol jahat yang berkurang dari tubuh bisa mencapai 2 miligram.

  • Minum vitamin yang rendah kolesterol

Vitamin juga baik dikonsumsi untuk diet kolesterol tinggi, lho. Namun, pastikan vitamin yang dikonsumsi mengandung kolesterol yang rendah. Jika ingin mengonsumsinya, pemilihan vitamin bisa dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Tetapi, beberapa suplemen atau vitamin yang rendah kolesterol adalah:

  • Psyllium (diperkaya oleh serat larut)
  • L-karnitin (mampu mengurangi kadar kolesterol yang teroksidasi)
  • Niacin (hanya boleh dikonsumsi atas resep dokter, niacin bisa mengurangi kadar kolesterol jahat sebanyak 19%)

 

  • Coba diet dengan gaya Mediterania

Diet mengikuti gaya mediterania merupakan tips ampuh untuk diet kolesterol tinggi. Sebab, diet gaya mediterania dikenal mengandung makanan untuk penurun kolesterol seperti buah, minyak zaitun, kacang-kacangan, sayur, serta ikan. 

Tujuannya, tentu mampu meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Selain makanan, diet dengan gaya Mediterania juga dikenal dengan mengonsumsi sedikit anggur merah setelah makan. Sebab, anggur merah bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Namun, ingat bahwa anggur merah yang boleh dikonsumsi hanya sedikit saja, ya.

  • Batasi konsumsi alkohol

Dalam batas normal, alkohol yang dikonsumsi laki-laki tidak boleh lebih dari 2 gelas setiap harinya. Sedangkan untuk wanita, tidak boleh lebih dari 1 gelas setiap harinya.

Untuk seseorang yang menjalani diet kolesterol tinggi, mengonsumsi alkohol melewati batas normal mampu meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida tubuh.

  • Hindari konsumsi garam berlebih

Garam juga punya peran penting untuk orang yang sedang menjalani diet kolesterol tinggi, lho. Usahakanlah untuk menghindari konsumsi garam yang berlebih, setidaknya batasi sekitar 1 sendok teh garam setiap harinya.

Sebab, mengurangi konsumsi garam mampu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung pada seseorang.

Itu dia 12 tips ampuh yang bisa diikuti untuk diet kolesterol tinggi. Meskipun kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, kamu masih bisa menjalani diet dengan ketentuan di atas juga, lho.

Nah, sambil menemani dietmu, Nutrive Benecol juga menjadi minuman yang wajib dikonsumsi setiap harinya, nih. Alasannya, karena Nutrive Benecol dibuat untuk menurunkan kadar kolesterol seseorang sebanyak 7-10% jika dikonsumsi 2 kali sehari. Menarik, bukan? Yuk, mulai konsumsi Nutrive Benecol dari sekarang!

 

Reference:

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/low-cholesterol-diet#TOC_TITLE_HDR_2.

 

Medline Plus. https://medlineplus.gov/howtolowercholesterolwithdiet.html.

 

NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14749225/.

03 August 2022 - 4 views 4 min to read

Share: