12 Cara Kontrol Hipertensi Selain Dengan Obat, Ampuh!

12 Cara Kontrol Hipertensi Selain Dengan Obat, Ampuh!

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan kolesterol tinggi pada dalam tubuh. Nah, seiring berkembangnya waktu, hipertensi bisa mengarah ke stroke, diabetes, dan penyakit jantung, lho. Namun berita baiknya, hipertensi masih bisa diobati dengan obat-obatan. Selain itu, cara kontrol hipertensi selain dengan obat juga beragam, lho.

Tentunya, melalui perubahan gaya hidup ke yang lebih sehat. Nah, cara kontrol hipertensi selain dengan obat bisa dimulai sejak dini, nih. Menurut saran yang dianjurkan dari Mayo Clinic, pusat kesehatan dari Amerika Serikat, serta Medical News Today, pusat kesehatan dari Inggris, berikut cara kontrol hipertensi selain dengan obat.

  • Menurunkan Berat Badan

Dikenal paling ampuh, cara kontrol hipertensi selain dengan obat adalah dengan menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Sebab, kelebihan berat badan mampu meningkatkan tekanan darah seseorang. 

Saat seseorang memiliki kelebihan berat badan dan mencoba menurunkannya sekitar 1 kilogram, tekanan darah pun bisa ikut menurun sebesar 1 milimeter. Semakin berkurangnya berat badan, maka tekanan darah akan semakin menurun hingga tidak terjadi hipertensi lagi.

  • Rutin Olahraga

Olahraga juga menjadi kunci sebagai cara kontrol hipertensi selain dengan obat, lho. Mulailah dengan berolahraga 30 menit dalam sehari, hal itu mampu menurunkan tekanan darah seseorang hingga 8 milimeter. 

Selain itu, pastikan kamu juga konsisten berolahraga setiap harinya, ya. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah jogging, berenang, bersepeda, atau berjalan. Secara sederhana, buatlah tubuhmu selalu beraktivitas setiap harinya.

  • Diet Sehat

Sedang menjalani program diet? Kalau begitu, pastikan program dietmu sehat, ya. Dalam menjalani diet yang sehat, beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi pun wajib mengandung serat atau nutrisi lainnya.

Usahakanlah untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Jika kamu fokus diet dengan mengonsumsi makanan seperti buah, sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, tekanan darah seseorang bisa berkurang sebesar 11 milimeter.

  • Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi konsumsi garam juga bisa menjadi salah satu cara kontrol hipertensi selain dengan obat, lho. 

Batasi konsumsi garam atau natrium setiap harinya hingga maksimal 2.300 miligram saja. Lebih sedikit malah lebih baik. Dengan mengurangi konsumsi garam, tekanan darah bisa berkurang sekitar 5 sampai 6 milimeter.

  • Berhenti Merokok

Terbiasa merokok setiap harinya? Usahakan untuk berhenti merokok, ya. Sebab, cara kontrol hipertensi selain dengan obat yang juga cukup manjur adalah berhenti merokok.

Saat seseorang menghisap batang rokok, tekanan darah pun akan ikut naik selama beberapa saat. Jika tidak menghisap rokok, tekanan darah akan normal kembali. Maka dari itu, orang yang tidak merokok terbilang lebih sehat dan memiliki risiko penyakit jantung yang sangat rendah.

  • Batasi Mengonsumsi Alkohol

Selain rokok, alkohol juga bisa menjadi alasan naiknya tekanan darah, lho. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi alkohol dalam batas normal saja. 

Menurut Mayo Clinic, batas normal wanita mengonsumsi alkohol adalah 1 gelas per hari. Sedangkan laki-laki dibatasi mengonsumsi maksimal 2 gelas alkohol per hari. Jika mengonsumsi alkohol dalam jumlah normal, tekanan darah bisa menurun sekitar 4 milimeter.

  • Berhenti Mengonsumsi Kafein

Cara kontrol hipertensi selain dengan obat juga bisa dengan berhenti mengonsumsi kafein. Apalagi jika seseorang tidak terbiasa mengonsumsi kafein. 

Saat mencobanya, tekanan darah di dalam tubuh bisa meningkat hingga 10 milimeter. Maka dari itu, lebih baik berhenti mengonsumsi kafein untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Potasium

Mengonsumsi makanan yang mengandung potasium juga penting sebagai salah satu cara kontrol hipertensi selain dengan obat. Dikenal sebagai salah satu jenis mineral, potasium bisa membantu tubuh mengurangi garam. Selain itu, potasium juga bisa mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan tinggi potasium adalah pisang, alpukat, jeruk, yogurt, susu, ikan salmon, ikan tuna, tomat, serta kentang.

  • Hindari Stres

Selain makanan, cara kontrol hipertensi selain dengan obat juga harus menghindari diri dari rasa stres. Dalam kondisi stres, tubuh akan menghasilkan beberapa hormon. 

Nah, hormon yang dihasilkan dari stres mampu meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu sementara. Akibatnya, seseorang akan merasa khawatir serta memiliki detak jantung yang cepat. 

Meskipun stres belum tentu bisa meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu yang lama, alangkah baiknya tetap hindari stres agar tidak terjadi hipertensi sementara.

  • Konsumsi Cokelat Murni

Mengonsumsi cokelat murni atau dark chocolate juga bisa menjadi cara kontrol hipertensi selain dengan obat, lho. Sebab, cokelat murni memiliki kandungan flavonoid yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar. 

Sehingga, tekanan darah pun tidak akan meninggi karena darah bisa melalui pembuluhnya tersebut. Namun, ingatlah bahwa cokelat yang disarankan berjenis cokelat murni tanpa ada tambahan gula, ya.

  •  Mencoba Meditasi

Selain olahraga, meditasi juga direkomendasikan sebagai cara kontrol hipertensi selain dengan obat. Mengapa demikian? Sebab, meditasi mampu melatih tubuh menjadi lebih rileks. Saat tubuh dalam kondisi rileks, detak jantung pun akan semakin melambat sehingga tekanan darah ikut menurun. 

  • Mengonsumsi Vitamin

Dengan mengonsumsi vitamin, tekanan darah yang tinggi juga bisa terbantu agar menurun. Dilansir dari Medical News Today, beberapa vitamin yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah adalah minyak ikan, whey protein, hingga bunga kembang sepatu.

Tidak hanya vitamin, cara kontrol hipertensi selain dengan obat juga bisa dengan mengonsumsi Nutrive Benecol. Minuman yang dirancang untuk mengusir kolesterol berlebih di tubuh ini tentunya bisa membantumu agar kolesterol jahat hilang. Dengan begitu, tubuh tidak akan mengalami hipertensi.

Yuk, konsumsi Nutrive Benecol supaya terhindar dari hipertensi! 

 

Referensi:

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure/art-20046974.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318716#magnesium.

03 August 2022 - 21 views 4 min to read

Share: