11 Sayuran yang efektif menurunkan Kolesterol jahat, Terbukti Ampuh

11 Sayuran yang efektif menurunkan Kolesterol jahat, Terbukti Ampuh

Salah satu penyebab kadar kolesterol meningkat adalah pola makan yang kurang baik dan kurang teratur. Ditambah lagi banyaknya jenis makanan Indonesia yang mengandung lemak sehingga kurang baik untuk kesehatan. Sebagai gambaran, rata-rata kolesterol orang Indonesia bisa mencapai 230-250 mg/dL. Padahal kadar kolesterol yang baik bagi tubuh harus berada di angka kurang dari 200 mg/dL. Hal ini membuat 25 dari 1.000 orang Indonesia mengalami kematian karena dipicu oleh kolesterol tinggi.

Angka ini tidak boleh diremehkan, karena kalian juga bisa menjadi penderita kolesterol tinggi apabila pola hidup tidak teratur. Salah satu cara untuk menghindarinya yaitu menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi sayuran rendah lemak dan berserat tinggi. Kabar baiknya, ada banyak jenis sayuran penurun kadar kolesterol yang mudah ditemukan pada berbagai jenis menu makanan Indonesia. Untuk itu anda bisa memilih untuk mengkonsumsi menu makanan dengan jenis sayuran yang ada di bawah ini!


Sayuran Penurun Kolesterol

 

1. Wortel


Banyak orang mengetahui bahwa wortel hanya berperan penting untuk mata, padahal wortel juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang terkandung dalam wortel dapat memperbaiki penyerapan kolesterol pada pencernaan, sehingga kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan. Anda bisa membuat jus wortel dan mengkonsumsinya secara rutin untuk menangkal penyakit.

Buncis
Selain wortel, buncis juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Dengan kadar lemak hanya 0,3 gram, buncis sangat ramah untuk penderita kolesterol. Anda bisa mengkonsumsi buncis dengan cara direbus dan dibuat sup atau ditumis dengan protein seperti daging, telur, atau tempe.

2. Lobak


Tidak banyak yang menyadari bahwa sayuran ini dapat membawa banyak manfaat pada tubuh, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol. Di setiap 100 gram lobak hanya terkandung 0,1 gram lemak yang sangat aman bagi tubuh. Lobak bisa dikonsumsi secara rutin dengan cara direbus, dijadikan sup, dikukus, atau dijadikan jus.

3. Brokoli


Brokoli adalah jenis sayuran yang mudah untuk diolah menjadi apapun, bisa ditumis, dibuat jus, dijadikan sup, atau dibuat menjadi salad. Jika anda salah satu penyuka brokoli, usahakan anda mengkonsumsi sayuran ini secara rutin. Kandungan penting seperti asam folat, kalium, flavonoid, dan serat berperan penting untuk menjaga kadar kolesterol di batas normal.

4. Kacang Panjang


Sayuran ini sangat mudah ditemukan di berbagai makanan Indonesia, seperti gado-gado, karedok, dan sayur asem, sehingga banyak dari anda yang menyukai sayuran ini. Serat larut yang terkandung dalam kacang panjang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk itu sangat disarankan untuk menambah kacang panjang di setiap menu makanan anda sehari-hari.

5. Bayam


Sayuran berwarna gelap seperti bayam dianggap paling efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Apalagi bayam termasuk jenis sayuran yang lezat dan memiliki rasa yang manis, sehingga sangat mudah untuk dijadikan berbagai menu makanan. Terdapat kandungan karotenoid dan lutein yang berperan penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

6. Terong


Senyawa asam klorogenat yang terdapat pada sayuran terong dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol jahat. Sayuran ini juga berperan penting terhadap kesehatan jantung karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Namun anda harus hati-hati ketika mengolah terong, karena jenis makanan dengan olahan terong di Indonesia masih kurang sehat bagi tubuh.

7. Kale


Mungkin banyak dari anda yang kurang familiar dengan sayuran ini, karena kale sangat jarang ditemukan pada menu makanan Indonesia. Padahal kale memiliki banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah menurunkan kolesterol. Kale bisa dikonsumsi secara rutin dengan cara ditumis bersama protein atau dijadikan salad yang segar.

8. Okra


Okra juga merupakan jenis sayuran yang sulit ditemukan pada menu makanan Indonesia, namun sayuran ini mudah didapatkan untuk diolah menjadi menu makanan lezat dan menyehatkan. Terdapat asam lemak linoleat pada biji okra yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, serta mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah. Bagi anda yang belum familiar, tidak ada salahnya untuk mencoba sayuran okra ini.

9. Tomat


Sayuran yang mudah ditemukan pada menu makanan sehari-hari ini ternyata juga membawa segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Di dalam tomat terkandung senyawa likopen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk itu anda disarankan untuk meningkatkan asupan tomat setiap hari untuk menjaga tubuh dari penyakit yang bisa menyerang kapanpun.

10. Kubis


Jenis sayuran terakhir yang juga berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol adalah kubis atau biasa dikenal dengan kembang kol. Apalagi kubis sangat mudah ditemukan pada makanan seperti sup sayuran dan tumisan, sehingga sayuran ini sudah tidak asing dan pasti disukai. Terdapat kandungan kalium, flavonoid, dan sulfur yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda.

 

 

Tidak masalah jika anda menyukai makanan yang mengandung lemak, yang penting anda tidak mengkonsumsi secara berlebihan dan diimbangi dengan pola makan serta olahraga yang teratur. Jika anda tidak menyukai jenis sayuran penurun kolesterol yang ada di atas, tidak usah khawatir. Nutrive Benecol hadir sebagai cara enak turunkan kolesterol. minuman smoothies rasa buah, mengandung plant stanol ester yang teruji klinis mampu menurunkan kolesterol. Nutrive Benecol bukan hanya untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi, namun juga dapat dikonsumsi jika memiliki kadar kolesterol normal namun ingin melakukan pencegahan.

Segera lakukan langkah pencegahan untuk menghindari kolesterol tinggi sebelum terlambat,karena kolesterol tinggi bisa di alami di usia muda, bukan orang yang terlihat memiliki badan yang cukup ideal dapat mengidap kolesterol tinggi. Untuk usia lanjut, lakukan pengecekan secara rutin kadar kolesterol, dan jalani pola hidup sehat, hindari merokok, hindari konsumsi alkohol, dan konsumsi Nutrive Benecol langsung setleah makan.

Referensi:

Healthline (https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels)
Health harvard edu (https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol)

 

30 September 2021 - 376 views 4 min to read

Share: