11 Buah Yang Mengandung Serat Tinggi Yang Bagus Untuk Pencernaan

11 Buah Yang Mengandung Serat Tinggi Yang Bagus Untuk Pencernaan

Tanpa kita sadari, serat memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Dilansir dari situs Mayoclinic, mengkonsumsi serat dapat melancarkan pergerakan usus, memelihara kesehatan usus, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada usus. Dengan manfaat yang diberikan oleh serat, tubuh dapat menyerap nutrisi makanan dengan baik dan menghindari sembelit atau konstipasi. Bahkan serat juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selain mengonsumsi vitamin dan pola hidup sehat.

Menurut situs Harvard Health Publishing, pria dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 38 gram serat setiap harinya, sedangkan wanita dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 25 gram serat setiap harinya. Nah supaya asupan serat dalam tubuh bisa tetap terjaga, berikut adalah 11 buah dengan serat tinggi yang bisa kamu konsumsi secara rutin!


11 Buah yang Mengandung Serat Tinggi

1. Apel

Pasti kalian sudah tahu kan bahwa apel merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat. Pada setiap 100 gram buah apel terdapat kandungan 2.4 gram serat, 58 kalori, 14.9 gram karbohidrat, 5 milligram Vitamin C, dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan berat badan, karena kandungan serat pada apel dapat membantu melancarkan pencernaan.

2. Pisang

Hampir semua orang pasti menyukai buah ini, karena pisang memiliki rasa yang manis dan tentunya sangat mudah didapatkan. Selain lezat, manfaat yang ada pada buah ini tidak main-main. Pada setiap 100 gram buah pisang terdapat 2.6 gram serat, 89-110 kalori, 450 milligram kalium, dan 22.8 gram karbohidrat. Selain membantu memenuhi kebutuhan serat, kalium yang terdapat pada pisang juga dapat memelihara fungsi saraf serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Alpukat

Alpukat termasuk buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, karena buah ini mengandung serat hingga 6,7 gram pada setiap 100 gramnya. Dengan mengkonsumsi 500 gram buah alpukat, kebutuhan serat per hari bisa terpenuhi dengan mudah. Manfaat lain dari buah alpukat yaitu kandungan lemak baik yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat.

4. Pir

Selain buah alpukat, buah pir juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Dengan mengkonsumsi buah pir sebanyak 100 gram, terdapat kandungan serat hingga 3,1 gram di dalamnya. Banyaknya kandungan air pada buah pir ini juga menjadikannya sangat segar ketika dimakan. Kandungan lain seperti 101 kalori, 27 gram karbohidrat, Vitamin C, dan Vitamin K memberikan banyak manfaat yang sangat penting bagi tubuh.

5. Jambu

Untuk kamu yang sangat menyukai buah jambu, selalu konsumsi buah ini secara rutin demi kebaikan pencernaan. Di setiap 100 gram buah jambu terdapat 5 gram serat di dalamnya. Zat lain yang terkandung di dalam buah jambu dapat membersihkan lapisan perut dan mencegah tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

6. Peach

Buah peach atau persik memang tidak mengandung serat yang sangat banyak, karena pada 100 gram buah peach hanya mengandung 1.5 gram serat. Namun buah ini tetap bisa dipilih untuk membantu memenuhi kebutuhan serat pada tubuh. Selain itu, manfaat yang diberikan buah ini juga sangat banyak. Seperti mencegah pertumbuhan kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

7. Stroberi

Walaupun kecil, buah stroberi juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Di setiap 100 gram buah stroberi mengandung 2 gram serat, 32 kalori, 7.68 gram karbohidrat, dan 25 mcg folat. Berbagai kandungan mulai dari Vitamin C, A, E, K, dan B6 juga dapat ditemukan pada buah ini. Stroberi cocok untuk dikonsumsi saat sarapan karena mengandung antioksidan dan sedikit kalori.

8. Raspberi

Buah ini memang agak sulit dicari di beberapa wilayah Indonesia, namun jika kamu bisa mendapatkannya, buah ini wajib untuk menjadi pilihan karena kandungan nutrisinya. Kandungan serat pada buah ini hampir mirip seperti buah alpukat, yaitu sekitar 6.5 gram serat di dalam 100 gramnya. Kadar kalori pada buah ini juga masih kategori rendah yaitu sekitar 52 kalori, sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

9. Blueberry

Selain stroberi dan raspberi, buah blueberry juga bisa menjadi pilihan. Dalam satu cangkir (148 gram) buah blueberry terdapat 3.6 gram serat, 84 kalori, 21.45 fran karbohidrat, 114 miligram kalium, dan masih banyak lagi. Buah blueberry juga kaya akan antioksidan, bahkan buah ini memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dibandingkan buah dan sayuran lain. Sangat penting untuk membantu menghindari radikal bebas dan kerusakan pada DNA.

10. Blackberry

Jenis buah berry memang semuanya memiliki manfaat dan kandungan serat yang tinggi, sehingga berlaku juga pada buah blackberry. Pada 144 gram atau satu cangkir buah ini mengandung 7.6 gram serat, 62 kalori, 14 gram karbohidrat, dan 7 gram gula. Manfaat penting lainnya seperti menguatkan tulang dan meningkatkan kesehatan otak juga bisa didapatkan pada keempat buah berry ini.

11. Bit

Buah terakhir yang juga mengandung serat cukup tinggi yaitu buah bit. Dalam setiap 100 gram buah bit terdapat 2.6 gram serat, 1.6 gram protein, 9.6 gram karbohidrat, 27 milligram kalsium dan masih banyak lagi. Kandungan serat pada buah bit dapat membantu makanan bergerak melalui usus cerna, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk buang air besar secara rutin dan menghindari masalah pencernaan.

Nah itulah tadi 11 jenis buah dengan kadar serat yang tinggi untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Namun sayangnya tidak banyak orang yang mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, mungkin karena malas untuk memotong buah dan tidak memiliki waktu banyak akibat aktivitas yang padat.

Kabar baiknya, kamu yang tidak sempat makan buah, atau tidak suka konsumsi buah, kamu dapat mencoba konsumsi Nutrive Fibershot 2x sehari agar bantu penuhi kebutuhan serat harianmu. Kandungan 5 gram serat serta 16 sari buah dan sayur pada satu botol minuman ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tentu risiko terkena penyakit seperti stroke, jantung, kanker usus, dan diabetes tipe 2 bisa dikurangi, kamu juga terhindar dari masalah pencernaan seperti BAB tidak teratur, sembelit.

Padatnya aktivitas sehari-hari tidak boleh menjadi halangan untuk menjaga kesehatan, karena Nutrive Fibershot ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai marketplace dan dan di supermarket.. Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan pencernaan dengan BAB teratur setiap hari.

dengan memenuhi kebutuhan serat harian, pencernaan menjadi sehat, sehingga nutrisi yang masuk dalam tubuh akan terserap maksimal. Yuk terapkan pola hidup sehat, dan penuhi kebutuhan serat harianmu untuk pencernaan yang sehat.

Referensi:


healthline (healthline.com/nutrition/22-high-fiber-foods#TOC_TITLE_HDR_22)
my food data (www.myfooddata.com/articles/fruits-high-in-fiber.php)
mayoclinic (mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983)
Health harvard edu (health.harvard.edu/blog/should-i-be-eating-more-fiber-2019022115927)

20 September 2021 - 211 views 4 min to read

Share: