11 Buah Yang Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol Yang tinggi

11 Buah Yang Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol Yang tinggi

Buah memiliki banyak sekali kegunaan untuk diri kita mulai dari sumber vitamin, sumber antioksidan yang alami hingga mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. 

Tidak hanya buah-buahan saja yang harus anda konsumsi untuk menjaga kolesterol, kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi juga. Supaya kolesterol kamu tetap terjaga harus konsisten mengkonsumsi buah-buahan. Menurut dr. Adeline Devita, healthcare communicator Kalbe Nutritionals, berikut buah - buahan rekomendasi untuk menurunkan ataupun menjaga kolesterol anda. 

Buah yang berkhasiat untuk menurunkan Kolesterol

1. Apel

Buah apel terutama bagian kulitnya mengandung pektin yaitu serat larut air yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pektin sendiri dapat menyerap lemak jahat yang ada di dalam tubuh kita dan mengeluarkannya melalui urin serta feses.

Selain itu apel juga mengandung vitamin A, C dan vitamin K serta antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kolesterol, makan setidaknya 2 buah apel dalam sehari agar kolesterol di dalam tubuh terkontrol dengan baik. 

2. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol karena mengandung vitamin B dan C yang bisa menurunkan tekanan darah, baik untuk kulit, dan memiliki serat yang tinggi untuk menjaga dan mengurangi kolesterol yang ada dalam tubuh. Konsumsi pisang sebanyak 1 hingga 3 buah akan membantu tubuh kamu terhindar dari kolesterol yang tinggi.

Cara kerja pisang untuk melawan kolesterol dalam tubuh adalah dengan cara mengurangi endapan lemak agar tidak masuk ke dalam aliran darah dan menyumbat arteri. 

3. Alpukat

Alpukat memang diketahui memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun lemak yang ada di dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan (lemak baik). Mengkonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Penelitian menunjukkan selain mempengaruhi kadar kolesterol, buah alpukat memberikan rasa kenyang lebih lama yaitu selama 3-5 jam setelah dimakan. Tidak hanya itu saja, alpukat juga bisa menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

 

4. Anggur

Buah anggur juga merupakan salah satu buah yang bisa membantu untuk menurunkan kolesterol kamu sebab zat dan kandungan yang terdapat pada anggur dapat membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol. Salah satunya ialah kandungan flavonoid yang bisa mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas. Selain quercetin dan flavonoid, juga ada zat catechin yang bisa menambahkan kolesterol baik dan juga membasmi kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah studi oleh dokter juga mengatakan kolesterol keseluruhan pada orang yang mengkonsumsi 500 gram anggur merah di setiap hari selama 8 minggu berkurang lumayan pesat. Jadi anggur yang memiliki warna merah sangat baik untuk membasmi kolesterol jahat di dalam tubuh. Anggur merah memiliki antioksidan yang lebih banyak berkat kandungan pigmen anthocyanin yang memberi warna merahnya.


5. Lemon

Tidak hanya memiliki vitamin C yang sangat tinggi saja loh, buah lemon memiliki kandungan pektin, kalsium, fosfor, besi, bioflavonoids, vitamin A, B1, B2, dan C. Kandungan tersebut membuat lemon mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Ada sebuah studi mengatakan penderita kolesterol tinggi yang diberi air dengan perasan jeruk lemon setiap hari, kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL) turun signifikan. Namun, penelitian tersebut juga mengharuskan peserta untuk berolahraga secara teratur dan mengikuti diet rendah lemak.

6. Stroberi

Buah yang selanjutnya adalah buah yang sering kita temukan di dataran tinggi yaitu buah stroberi! Buah ini  dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Sementara itu, banyak para dokter di dunia yang mengatakan efek mengkonsumsi stroberi akan menurunkan kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Asupan mereka dalam penelitian ini berkisar antara 110 gram hingga 500 gram stroberi segar setiap hari. Bentuk dan jumlah suplementasi stroberi tampaknya tidak mempengaruhi efek stroberi terhadap kadar kolesterol.


7. Mangga

Mangga juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mangga sendiri mengandung vitamin c yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mangga bisa menjadi salah satu buah yang harus kamu makan untuk menurunkan kolesterol. 

Buah tropis ini juga memiliki kalium yang tinggi. Kalium sendiri mampu menyeimbangkan sel cairan tubuh, mengontrol tekanan darah,  dan detak jantung. Tidak hanya untuk kolesterol saja, mangga juga sangat bagus untuk kamu yang ingin menghaluskan kulit dan memiliki penyakit jantung.


8. Jambu Biji

Jambu biji juga mengandung banyak flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah  kerusakan jantung akibat radikal bebas. Selain itu juga, kadar kalium dan serat larut air juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Buah ini mengandung pektin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minum satu gelas jus jambu secara rutin bisa menurunkan risiko terkena kolesterol tinggi dan mengurangi kolesterol yang ada dalam tubuh.

9. Kiwi

Kiwi memiliki segala yang dibutuhkan untuk menurunkan kolesterol loh! Walaupun buah ini jarang ditemui dan punya harga relatif tinggi, tetapi sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kamu. 

Buah ini sangat ampuh untuk melawan kolesterol jahat karena kandungan vitamin C, E dan polifenol yang terkandung di dalamnya bermanfaat baik bagi sistem kardiovaskuler anda.

 

10. Pir

Menurut penelitian buah pir juga salah satu penurun kolesterol yang sangat bagus dikarenakan buah ini memiliki sumber serat larut air yang sangat baik untuk menjauhkan kolesterol dalam tubuh kamu. Tidak hanya kolesterol, buah ini sangat baik untuk memperlengkap serat harian anda juga loh!

Serat yang terdapat dalam buah pir adalah pektin. Pektin merupakan karbohidrat kompleks (karbohidrat yang sangat baik) mampu membersihkan saluran pencernaan dan saluran darah. Untuk kolesterol sendiri, pektin dapat mengikat kolesterol dan mengangkut kolesterol keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol turun.

11. Tomat


Buah yang terakhir ialah buah tomat, buah ini kaya akan vitamin A, C, serta kalium. Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi setidaknya 50 hingga 100 gram buah tomat per hari mampu memperoleh khasiat dari buah ini. Buah ini sangat mudah didapatkan, kamu bisa mendapatkannya dimana saja loh.

 

Hindari kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, karena  dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Hanya dengan menurunkan kadar kolesterol sebanyak 1 persen setara dengan mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 2 persen, sehingga penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil agar tubuh kamu sehat.

Selain konsumsi buah diatas, kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%.

Dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, asupan buah yang direkomendasikan, serta konsumsi Nutrive Benecol pasti akan membuat kamu lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung koroner.

 

Referensi:

healthline
mayoclinic

 

07 September 2021 - 274 views 4 min to read

Share: