10 Sayuran Yang Banyak Mengandung Serat, Bisa Untuk Diet juga loh!

10 Sayuran Yang Banyak Mengandung Serat, Bisa Untuk Diet juga loh!

Tidak hanya buah-buahan, banyak juga jenis sayuran kaya serat untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Setiap harinya dibutuhkan 34 gram serat pada pria dewasa dan 28 gram serat pada wanita dewasa. Angka tersebut harus terpenuhi agar saluran pencernaan selalu terjaga dan menghindari berbagai penyakit pencernaan.

Kebanyakan orang mengetahui kalau kekurangan serat hanya akan menimbulkan penyakit sembelit. Padahal penyerapan nutrisi yang kurang baik pada pencernaan bisa menyebabkan berbagai penyakit lain, seperti kanker usu ataupun diabetes tipe 2. Nah 10 sayuran di bawah ini memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan untuk kamu konsumsi!

Sayuran yang Banyak Mengandung Serat


1. Bayam

Sayuran yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak, karena bayam mengandung banyak sekali vitamin yang baik untuk tubuh. Di dalam 100 gram bayam mentah terdapat 2,4 gram serat, 23 kalori, 2,9 gram protein, dan 0,4 gram lemak. Selain kaya akan serat, senyawa pada bayam juga dapat menjaga kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif, hingga mencegah kanker.

2. Wortel

Selain bayam, wortel juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Terdapat serat sebanyak 2,8 gram, 41 kalori, 0,9 gram protein, 9.6 gram karbohidrat, dan 0,2 gram lemak di setiap 100 gram wortel. Berbagai senyawa pada wortel dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan leukemia.

3. Brokoli

Brokoli bisa dibilang sebagai sayuran yang cukup enak dan disukai banyak orang. Tidak hanya lezat, nutrisi yang ditawarkan brokoli juga akan menyehatkan tubuh kamu. Di dalam 91 gram brokoli terdapat 2,4 gram serat, 31 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 0,4 gram lemak. Kandungan kalium pada brokoli juga sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Kubis

Kandungan serat terbanyak ada pada sayuran kubis ini. Di dalam 90 gram kubis terdapat 3 gram serat, 25 kalori, 6 gram karbohidrat, dan 1,3 gram protein. Kandungan nutrisi pada kubis dapat menguatkan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah katarak. Namun kamu harus hati-hati ketika mengkonsumsi kubis terlalu banyak, karena dapat membuat perut kembung akibat kandungan gas.

5. Seledri

Memang seledri tidak memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan sayuran lainnya. namun seledri mudah ditemukan pada berbagai jenis makanan. Dalam 100 gram seledri memiliki 1,5 gram serat, 14 kalori, 3 gram karbohidrat, dan 0,7 gram protein. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari seledri yaitu mencegah pembentukan batu ginjal dan mengurangi risiko gagal ginjal.

6. Buncis

Sama seperti kubis, buncis juga merupakan sayuran yang kaya serat. Di setiap 100 gram buncis terdapat 3 gram serat, 35 kalori, 2 gram protein, dan 5 milligram karbohidrat. Kandungan lainnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc juga terdapat pada sayuran ini. Buncis bisa dikonsumsi dengan direbus dan dicampur menjadi menu makanan yang lezat.

7. Terong

Pasti banyak sekali orang yang sangat menyukai sayuran ini, karena terong sangat mudah ditemukan di berbagai menu makanan Indonesia. Ternyata di dalam 100 gram terong terdapat 3 gram serat, 20 kalori, 5 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Tentu kamu harus mengkonsumsi terong dengan bumbu yang tidak berlebihan, supaya nutrisi yang diberikan tetap maksimal.

8. Selada

Kandungan serat juga bisa didapatkan dari daun selada, apalagi sayuran ini termasuk lezat dan bisa diolah menjadi banyak menu makanan seperti salad dan isian sandwich. Di dalam 100 gram daun selada terdapat 1,8 gram serat, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, dan 2,9 gram karbohidrat. Selain itu, sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A dan K yang sangat tinggi.

9. Asparagus

Selain selada, masih ada asparagus yang bisa dijadikan menu makanan lezat dan menyehatkan. Terdapat 2 gram serat, 2 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 200 miligram kalium pada setiap 100 gram asparagus. Berbagai manfaat seperti melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan janin, dan mencegah pertumbuhan sel kanker bisa didapatkan dari asparagus.

10. Okra

Mungkin banyak dari kamu yang tidak familiar dengan jenis sayuran ini, padahal okra juga menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh. Di dalam 100 gram okra hijau terdapat 3 gram serat, 33 kalori, 7 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 0 gram lemak. Sayuran ini bisa diolah menjadi sayuran berkuah atau ditumis dengan protein seperti udang dan ayam.

Supaya kadar serat dalam tubuh bisa terpenuhi, kamu bisa memilih untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran di atas. Namun jika kamu tidak suka mengkonsumsi sayuran atau kamu tidak sempat konsumsi sayur. Nutrive Fibershot bisa menjadi pilihan untuk cara enak untuk penuhi kebutuhan serat. Di dalam satu botol Nutrive Fibershot sudah terdapat 16 sari buah dan sayur, sehingga dengan mengkonsumsi 2 botol sehari sudah bantu memenuhi 40% kebutuhan serat harian, dan sisanya kamu bisa dapat dari makan pagi- malam kamu.


Referensi:

Healthline (healthline.com/nutrition/22-high-fiber-foods)
My food data (www.myfooddata.com/articles/fruits-high-in-fiber.php)
Mayoclinic (mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/fiber/art-20043983)
Health Harvard edu (health.harvard.edu/blog/should-i-be-eating-more-fiber-2019022115927)

 

08 September 2021 - 270 views 3 min to read

Share: