10 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet, Bikin Cepat Langsing

10 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet, Bikin Cepat Langsing

Mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk diet merupakan bagian terpenting dalam proses menurunkan berat badan. Meski banyak faktor yang bisa menyebabkan sulitnya menurunkan berat badan, namun salah satu faktornya adalah pola makan yang tidak sehat.

Menjaga pola makan yang sehat berarti memenuhi kebutuhan serat harian yaitu 30 gram sehari untuk orang dewasa. Serat dipercaya dapat meningkatkan kinerja pencernaan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

Sayangnya masih banyak dari kita yang belum bisa memenuhi kebutuhan serat harian secara konsisten. Untungnya ada banyak pilihan makanan berserat tinggi yang juga mengandung kalori rendah sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya yang dikutip dari Openfit dan Fitness Health Forever.

 

Makanan Berserat Tinggi Untuk DIet

 

1. Chia Seed

Makanan berserat tinggi untuk diet yang pertama adalah Chia Seed. Sering disebut sebagai superfood, Chia Seed kaya akan serat dan sembilan asam amino esensial. Biji-bijian yang satu ini juga mengandung kalsium, kalium dan fosfor.

Semua keunggulan itu membuat Chia Seed sudah populer selama beberapa tahun terakhir sebagai salah satu menu untuk menurunkan berat badan secara sehat. Dua sendok makan Chia Seed hanya mengandung 138 kalori namun sudah menyediakan 9,8 gram serat yang sudah memenuhi 40 persen kebutuhan serat harian.

2. Artichoke

Artichoke mungkin masih asing terdengar di telinga Anda. Tanaman asal Eropa ini bisa menjadi lauk sayur yang bisa membantu diet Anda lebih cepat. Artichoke juga bisa dijadikan tambahan ‘topping’ pada makanan lainnya. Dalam setengah cangkir Artichoke sudah tersedia 7 gram serat dengan 45 kalori, sangat aman untuk diet.

3. Oatmeal

Oatmeal jadi salah satu makanan paling bergizi untuk mereka yang sedang diet. Oatmeal bisa jadi sumber serat, protein, mineral, dan antioksidan. Jadi tidak hanya membantu menurunkan berat badan, Oatmeal juga bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Campurkan Oatmeal dengan berbagai macam buah kegemaran Anda untuk menambah cita rasa.

4. Brokoli

Kaya serat dan padat nutrisi, Brokoli sangat efektif dalam meningkatkan kinerja pencernaan. Mengandung asam folat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan, Brokoli memberi Anda rasa kenyang lebih lama dan mencegah sembelit.

5. Alpukat

Alpukat dinobatkan jadi salah satu buah paling padat nutrisi di dunia. Selain serat, Alpukat mengandung mineral, vitamin, asam folat, dan asam lemak omega-3. Meski begitu, Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung kalori tinggi, jadi konsumsi Alpukat secukupnya, ya. Selain dimakan langsung, Alpukat lezat saat dijadikan jus dan dijadikan isian sandwich.

 

6. Kacang Lentil

Kacang Lentil juga cocok dimasukkan dalam menu makanan untuk menurunkan berat badan lantaran setengah cangkirnya sudah mengandung 8 gram serat. Dalam ukuran yang sama, kacang Lentil hanya memiliki 115 kalori.

7. Buah Beri

Kelompok buah beri seperti Raspberry, Blueberry, dan Strawberry mengandung serat yang tinggi. Dalam secangkir buah Raspberry misalnya, terkandung 8 gram serat dengan hanya 64 kalori. Buah lezat ini bisa dijadikan camilan dengan dimakan langsung atau diolah menjadi jus, smoothie, dan campuran makanan penutup.

8. Pir

Pir jadi salah satu buah dengan kandungan serat paling banyak. Pir juga mengandung vitamin, protein, mineral, asam folat, bahkan karbohidrat. Satu buah pir berukuran sedang sudah mengandung 6-7 gram serat.

9. Kiwi

Dua buah kiwi berukuran sedang cukup untuk memberi anda 4 gram serat. Memiliki rasa manis yang lezat, buah ini juga membantu mengontrol gula darah. Mengonsumsi kiwi secara teratur mampu membantu Anda mengecilkan lingkar pinggang.

10. Jambu Biji

Satu lagi buah lezat yang kaya serat dan nutrisi untuk membantu mengurangi berat badan yaitu Jambu Biji. Jambu Biji merupakan sumber vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Mengonsumsi Jambu Biji secara rutin juga baik untuk kesehatan jantung, tekanan darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun aktivitas yang padat kadang membuat kita tidak sempat mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Anda bisa mencoba Nutrive FiberShot untuk memenuhi kebutuhan serat harian dengan cara enak.

Nutrive FiberShot adalah minuman dengan kandungan serat 5 gram dalam 1 botolnya yang juga mengandung 16 sari buah dan sayur untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sehingga BAB menjadi teratur.

Mengonsumsinya dua kali per hari akan membantu Anda memenuhi 40 persen kebutuhan serat harian. Nutrive FiberShot juga boleh dikonsumsi untuk anak di atas usia 1 tahun dan ibu hamil.

04 May 2021 - 1152 views 3 min to read

Share: