10 Daftar Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Ampuh Menurunkan loh!

10 Daftar Makanan Untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Ampuh Menurunkan loh!

Tubuh kita memang sangat membutuhkan Kolesterol tetapi jenis yang Kolesterol baik atau yang biasa disebut Kolesterol HDL, Kolesterol baik ini membantu pembentukan sel-sel sehat. Tetapi jika kadar kolesterol jahat atau yang biasa disebut Kolesterol LDL lebih banyak dapat menyumbat sel-sel penyebaran darah dalam kulit sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung. 

Tingginya Kadar Kolesterol jahat bisa di kontrol dengan mengonsumsi makanan yang bisa membuat kolesterol anda turun,Berikut adalah beberapa makanan yang disarankan untuk di konsumsi penderita kolesterol tinggi :

Makanan Untuk Orang dengan Penderita Kolesterol tinggi

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau dapat menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh karena antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah dan membuat peredaran darah kamu semakin lancar. 

2. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu hal yang wajib dimakan oleh penderita kolesterol, karena buah sendiri dipastikan dapat membuat Kolesterol LDL turun. Buah-buah yang dapat membantu melawan kolesterol dalam tubuh adalah: alpukat, anggur, pisang dan juga mangga.

3. Oat

Oat merupakan makanan yang terbuat dari gandum, Gandum sendiri mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh karena gandum mengandung beta glucan yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung fitosterol yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus.Kacang-kacangan juga mengandung nutrisi lemak seperti asam amino yang bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang sehat. Kacang-kacangan yang bagus di konsumsi oleh penderita Kolesterol ialah kacang kenari dan kacang almond.

5. Teh Hijau

Teh hijau sangat berguna untuk membasmi kolesterol karena kandungan katekin yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh serta membuat aliran darah semakin lancar, anda bisa minum teh hijausetidaknya sehari sekali untuk membantu penyumbatan darah yang disebabkan oleh Kolesterol.

6. Ikan

Ikan sarden, salmon dan makarel memiliki sumber omega 3 yang tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol yang tinggi. Selain berprotein tinggi, kandungan lemak dalam ikan. Di dominasi oleh kolesterol baik (HDL) sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

7. Bawang Putih

Bawang putih disini memiliki peran yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol karena memiliki senyawa alicin yang bisa membantu mengatur tekanan darah dan membunuh kolesterol jahat. 

8. Olahan Kedelai

Penelitian mengatakan olahan kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai dan lainnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dikarenakan kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi dan isoflavon. Kedelai juga baik dikonsumsi dikarenakan memiliki lemak jenuh yang lebih rendah daripada daging, kedelai juga memberikan nutrisi penting lainnya, seperti lemak tak jenuh tunggal, vitamin, mineral, dan serat.

9. Buah Beri

Buah ceri, stroberi, dan bluberry  merupakan beberapa jenis buah beri yang mudah didapatkan. Tidak hanya menurunkan kolesterol jahat saja buah beri bisa menurunkan gula darah karena buah beri memiliki kandungan polifenol yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Selain menurunkan kolesterol, buah beri juga bisa menurunkan kadar gula darah.

10. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, mampu menaikkan kolesterol yang baik dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol, yang bermanfaat mengurangi peradangan yang dapat mendorong penyakit jantung. Kamu bisa meminum minyak zaitun 2 hingga 3 sendok perhari.

Nutrivers juga harus menghindari konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, misalnya daging berlemak, susu berlemak dan produk olahannya, makanan cepat saji, serta makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak, karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga dan rutin mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita kolesterol, diharapkan kadar kolesterol Anda bisa turun dan tetap stabil sehingga Anda pun terhindar dari penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Selain konsumsi buah diatas, kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%.

Dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, asupan buah yang direkomendasikan, serta konsumsi Nutrive Benecol pasti akan membuat kamu lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung koroner.


Referensi:

Healthline (healthline.com/health/high-cholesterol-symptoms#pad)
Harvard edu (https://www.health.harvard.edu/heart-health/11-foods-that-lower-cholesterol)

16 September 2021 - 242 views 3 min to read

Share: