10 Cara Sederhana Untuk Mengecek Kolesterol di Rumah dengan mudah

10 Cara Sederhana Untuk Mengecek Kolesterol di Rumah dengan mudah

Menurut WHO, angka kematian akibat kolesterol tinggi mencapai 2,6 juta kematian dalam setahun di seluruh dunia. Besarnya angka kematian tersebut banyak disebabkan oleh stroke dan serangan jantung akibat kadar kolesterol yang tidak terkontrol. Meskipun kamu masih berada di usia muda dan merasa sehat, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran soal penyakit ini, karena peningkatan kadar kolesterol sudah bisa dialami sejak usia 20 tahun.

Salah satu cara untuk mencegah peningkatan kolesterol adalah dengan menjaga pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin. Selain itu, meningkatkan kesadaran terhadap kondisi ini juga bisa dilakukan dengan pengecekan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh secara rutin. Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan kamu untuk tidak memperhatikan kondisi kesehatan, karena pengecekan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Penasaran caranya? Berikut adalah 10 cara sederhana mengecek kolesterol di rumah!


Cara Sederhana & Praktis Mengecek Kolesterol 

1. Cek Apakah Merasakan Pusing Berlebih 


Aliran darah yang terhambat pada pembuluh darah menyebabkan kurangnya asupan darah ke kepala, sehingga dapat menyebabkan rasa pusing yang berlebih. Pusing yang dirasakan oleh penderita kolesterol berbeda dengan pusing biasa, biasanya rasa pusing akan lebih terasa dan lebih intens dari biasanya.

2. Cek Apakah Merasakan Nyeri Tengkuk


Sebelum naik ke kepala, aliran darah akan melewati pembuluh darah yang berada di bagian tengkuk atau leher bagian belakang. Biasanya kondisi ini paling sering dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi, karena bagian tengkuk hingga pundak akan terasa nyeri dan pegal yang sangat mengganggu.

3. Cek Apakah Merasakan Nyeri Dada


Pada bagian dada juga terdapat banyak pembuluh darah untuk mengalirkan darah dari dan menuju jantung. Jika kadar kolesterol sedang berada di atas normal, maka tidak menutup kemungkinan aliran darah pada jantung juga akan terhambat. Hal ini bisa berakibat sangat fatal, apalagi jika asupan darah menjadi berkurang dalam jangka waktu yang lama.


4. Cek Apakah Merasakan Kram atau Kesemutan


Apabila kamu sering merasakan kesemutan tanpa sebab, kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa kadar kolesterol di dalam tubuh sedang tinggi. Apalagi jika kamu merasakan kesemutan cukup sering dengan durasi yang cukup lama bahkan hingga mengganggu aktivitas. Jangan remehkan kondisi ini, karena kesemutan disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah pada tubuh yang bisa disebabkan oleh plak dari kolesterol. 

5. Cek Apakah Tubuh Terasa Lemas


Lemas biasanya terjadi karena kurangnya durasi tidur atau asupan makanan yang cukup. Namun jika kamu tidak merasa hal tersebut tetapi masih sering merasa lemas, bisa jadi kadar kolesterol kamu sedang tidak normal. Jika kamu sudah memasuki kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter. Apalagi jika kamu sudah merasakannya berhari-hari hingga mengganggu aktivitas.

6. Cek Apakah Ada Perubahan Warna Kuku dan Kulit


Efek lain yang bisa dihasilkan dari terhambatnya aliran darah pada tubuh yaitu perubahan warna pada kulit dan kuku yang juga bisa mengalami penebalan. Terjadinya kerusakan pembuluh darah di bawah kuku yang membuat kondisi ini bisa terjadi. Biasanya bintik hitam atau coklat kemerahan tidak berubah ketika kuku ditekan, kondisi lainnya yaitu bintik hitam atau coklat kemerahan muncul di satu kuku atau lebih.

7. Cek Apakah Ada Lingkaran di Sekitar Kornea Mata


Endapan lemak dan kolesterol dapat menimbulkan efek yang bernama Arkus Kornea. Pada umumnya kornea mata harus terlihat jernih secara keseluruhan, namun kondisi ini menimbulkan cincin putih atau abu-abu yang tumbuh di sekitar kornea mata. Memang kondisi ini umumnya tidak mengganggu penglihatan si penderita, namun harus ada tindakan lebih lanjut apabila kamu mengalaminya.

8. Cek Apakah Ada Luka yang Sulit Sembuh


Penyumbatan pada pembuluh arteri membuat tubuh harus membutuhkan waktu yang lama menyembuhkan luka. Normalnya penyembuhan luka dibutuhkan waktu selama 3 minggu, tergantung seberapa besar luka yang dialami. Namun jika kamu mengalami luka kecil dan tidak kunjung sembuh, ada yang tidak normal pada tubuh kamu seperti kadar kolesterol yang sedang tinggi.

 9.Cek Apakah Merasakan Disfungsi Ereksi


Jika kamu sudah mencapai kondisi ini, jangan menunda-nunda waktu lagi untuk memeriksakannya ke dokter. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke bagian penis akibat penyumbatan, sehingga darah tidak bisa memompa penis dengan baik. Ada banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi jika kamu mengalami kondisi ini, karena disfungsi ereksi adalah kondisi yang sangat fatal dan harus dihindari.

10. Cek Dengan Alat Pengukur Kolesterol


Alat pengukur kadar kolesterol dengan strip sangat mudah didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tidak perlu ragu, karena alat ini memiliki tingkat akurasi sekitar 95% dan sudah mendekat hasil pengukuran di laboratorium. Uang yang dikeluarkan untuk membeli alat ini tidak sebanding dengan biaya dokter dan rumah sakit untuk perawatan.

Segera cek kondisi tubuh kamu dengan 10 cara sederhana di atas tadi, tentunya tidak sulit dan bisa dilakukan di rumah. Selalu jaga kadar Kolesterol Total  kamu di bawah 200 mg/dL atau LDL <100mg/ dL, dan HDL di angka >60 mg/ dL. 


Selain konsumsi buah diatas, kamu bisa coba cara enak turunkan kolesterol dengan Nutrive Benecol, kandungan plant stanol ester didalamnya sudah teruji klinis dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi 2 kali sehari segera setelah makan, selama 2-3 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 7-10%.

Dengan memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, asupan buah yang direkomendasikan, serta konsumsi Nutrive Benecol pasti akan membuat kamu lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung koroner. Anda bisa menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi Nutrive Benecol. 2 botol sehari langsung setelah makan, kandungan plant stanol ester dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis mampu menurunkan kolesterol 7-10% jika dikonsumsi secara rutin 2 botol selama 2-3 minggu.

 

Referensi:
WHO (who.int/data/gho/indicator-metadata-registry/imr-details/3236)
Healthline (healthline.com/health/high-cholesterol-symptoms#pad)

 

15 September 2021 - 63 views 4 min to read

Share: